22 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Pemkab Simalungun Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2024

Simalungun, MISTAR.ID

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun, melalui Badan Perencana Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) Tahun 2024.

Gelar Musrenbang RKPD itu berlangsung di Hotel Khas Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Simalungun, dan secara resmi di buka oleh Wakil Bupati Zonny Waldi, Senin (20/3/23).

Pembukaan Musrenbang RKPD Kabupaten Simalungun Tahun 2024 itu ditandai dengan pemukulan Gondrang. Mengusung tema “Pemerataan Pembangunan Infrastruktur Berkelanjutan”.

Baca juga: Musrenbang Batu Bara TA 2024 Fokus pada Sektor Unggulan di Setiap Kecamatan

Bupati Simalungun dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Bupati antara lain menyampaikan, Musrenbang merupakan bagian dari proses penyusunan RKPD Tahun 2024, yang sangat membutuhkan saran, masukan dari semua pemangku kepentingan, agar perencanaan program nantinya tepat sasaran dalam mencapai target indikator pembangunan daerah.

Disampaikan Wakil Bupati, Kabupaten Simalungun salah satu daerah yang luas di Sumatera Utara, terdapat 32 kecamatan 413 desa/kelurahan, memiliki SDA yang luar biasa dan penduduknya sebagian besar berpenghasilan dari sektor pertanian. Untuk itu, pembangunan harus dapat mengarah kepada kebijakan pembangunan yang terintegrasi, untuk pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

“Dan infrastruktur jalan juga harus terkonektivitas sesuai dengan arahan Gubernur Sumatera Utara dan oemerintah pusat,”sebut Wakil Bupati Simalungun.

Selanjutnya Wakil Bupati menekankan agar seluruh OPD yang ada di Kabupaten Simalungun merumuskan pembangunan yang mengarah kepada visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Simalungun ‘Rakyat Harus Sejahtera’.

Baca juga: Wakil Bupati Simalungun Buka Musrenbang RKPD Tahun 2023

Wakil Bupati juga berharap kepada Pemprovsu, untuk memberikan perhatian kepada Pemkab Simalungun terkait perbaikan jalan provinsi di wilayah Simalungun.

Sementara itu, Kepala Bapperida Simalungun Ronald Tambun, melaporkan bahwa Musrenbang RKPD Kabupaten Simalungun dilaksanakan dalam waktu dua hari (20-21 Maret 2023). Nara sumber di Musrenbang kali ini berasal dari Bappenas, Bappelitbang Sumut, BI Perwakilan Siantar, BPS Simalungun, BBPJN Sumut dan Bapperida Simalungun. (roland/hm09)

Related Articles

Latest Articles