17.5 C
New York
Monday, April 29, 2024

Brad Binder Juara MotoGP Austria 2021

Spielberg, MISTAR.ID

Pebalap asal Afrika Selatan Brad Binder berhasil menjuarai seri ke-11 MotoGP 2021 yang digelar di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria pada Minggu (15/8/21) malam yang diwarnai drama hujan dan flag-to-flag race. Francesco Bagnaia menempati podium kedua, dan Jorge Martin ketiga.

Sesaat sebelum start, awan hitam sempat menghantui Sirkuit Red Bull Ring. Ketika pebalap sudah bersiap di grid untuk memulai balap, crew tim terlihat sudah menyiapkan motor pengganti, jika terjadi flag-to-flag race. Namun, balapan tetap berlangsung dengan status dry race atau balapan kering.

Balapan berlangsung panas sejak lampu hijau start menyala. Jorge Martin langsung melesat dan mendapat hole shot. Quartararo sempat melebar dan bersentuhan dengan Johann Zarco. Lap pertama, Jorge Martin tidak dapat mempertahankan posisinya dan harus terlempar hingga posisi empat. Posisi pertama langsung direbut Francesco Bagnaia yang tampil tenang di MotoGP Austria 2021 ini.

Baca juga: Klasemen MotoGP 2021, Martin Kalahkan Mir

Menariknya, Marc Marquez yang start dari posisi lima berhasil mencuri posisi keempat di lap pertama. Sementara itu Martin terdepak ke posisi dua. Pada lap-lap awal MotoGP Austria 2021, pertarungan sangat sengit untuk mencari posisi terdepan.

Hingga balapan berlangsung 18 lap, Bagnaia masih kokoh di posisi terdepan, disusul oleh Fabio Quartararo dan Marquez di posisi ketiga. Namun, di lap ke-18 ini pula, di tikungan ketiga, Johann Zarco kehilangan kendali motornya dan terjatuh.

Sementara itu, di lap ke-19, Quartararo kehilangan posisinya usai melebar di tanjakan tikungan ketiga yang terkenal sulit. Atas melebarnya pebalap Yamaha ini, Marquez langsung mencuri posisi kedua.

Balapan juga sempat sengit dan berlangsung menegangkan pada lap ke-24 saat balapan tersisa empat lap lagi. Bagnaia, Marquez, Quartararo, Jorge Martin, Joan Mir dan Brad Binder bersaing sengit untuk posisi terdepan.

Di lap ini pula, hujan lebat turun. Hal ini membuat rombongan Bagnaia, Marquez, Quartararo, Jorge Martin masuk ke pit untuk mengganti motornya. Namun tidak untuk Brad Binder. Pebalap KTM ini tetap melaju dengan hati-hati menggunakan motor KTM-nya yang masih menggunakan ban kering.

Baca juga: Marquez Ingin Menang Lagi di MotoGP 2021

Di saat rombongan Bagnaia masih sibuk di pit, posisi tiga MotoGP Austria 2021 ini sempat dihuni oleh Brad Binder, Alex Espargaro dan Valentino Rossi. Sialnya bagi Marquez, usai keluar dari pit dengan ban basah, Marquez kehilangan kendali di tikungan 1. Namun dirinya masih dapat finis dan meraih poin di MotoGP Austria 2021 ini.

Di lap terakhir, rombongan Bagnaia, Jorge Martin hingga Quartararo akhirnya sudah lebih pede tampil dengan ban basah. Mereka langsung mengejar Binder yang tampil sangat hati-hati. Namun, akhirnya waktu tidak cukup banyak untuk mengejar posisi terdepan dan peta podium berubah total dari awal, pertengahan hingga akhir balap.

“Balapan kali ini benar-benar menakutkan. Tapi senang sekali akhirnya bisa mendapat hasil yang terbaik,” ujar pebalap tim pabrikan KTM, Brad Binder, yang memenangkan MotoGP Austria 2021. (detik/hm09)

Related Articles

Latest Articles