25.7 C
New York
Wednesday, May 29, 2024

Perbasi Sumut Andalkan Tim 3×3 Raih Medali di PON 2024

Medan, MISTAR.ID

Persatuan Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Sumatera Utara (Sumut) akan mengandalkan tim 3×3 di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 mendatang. Tak menutup kemungkinan tim 5×5 juga akan mendulang prestasi di event olahraga tersebut.

Ketua Umum Perbasi Sumut, Iwan Hartono Alam mengatakan tim 3×3 saat ini sedang menjalani pelatda PON 2024. Adapun 3×3 menjadi salah satu nomor pertandingan basket selain 5×5.

Ditanya target, pihak Perbasi Sumut akan memperjuangkan 4 medali untuk Sumut di PON 2024 mendatang.

Baca juga: GABSI Sumut Targetkan 2 Emas di PON 2024, Berharap Atlet Lebih Diperhatikan

“Target medali tentu akan kami perjuangkan untuk PON 2024. Ada 4 medali emas yang diperebutkan, yakni tim 3×3 dan 5×5 untuk putra dan putri,” ujarnya.

Iwan berharap target tersebut tercapai sekaligus memperbaiki catatan di PON Papua yang saat itu Sumut hanya mengirimkan tim 3×3 dan pulang tanpa medali.

Oleh karena itu, Perbasi Sumut berharap dapat mengirim tim 5×5 dalam PON 2024 nantinya, terutama karena Sumut menjadi tuan rumah bersama Aceh.

Baca juga: Persiapkan Atlet PON 2024, KONI Sumut Gelar Tes Fisik Cabor Biliar

Untuk meningkatkan prestasi juga akan dilakukan melalui try out di berbagai lokasi, termasuk di Jakarta atau daerah lain yang dianggap lebih baik.

Terpisah, melalui salah satu pelatih 3×3, Donal Marpaung saat dikonfirmasi membenarkan Perbasi akan melakukan try out di berbagai lokasi. Ia juga mengatakan daerah Jawa menjadi pesaing terberat,

“Itu benar. Akan diadakan try out. Ini dilakukan agar seluruh atlet siap bersaing dalam PON 2024,” kata Donal kepada mistar.id, Rabu (14/6/23).

Baca juga: Atlet Bowling Sumut Siap Meraih Emas di PON 2024

Perbasi Sumut mengakui daerah-daerah seperti Jakarta, Jawa Timur, dan Jawa Barat menjadi pesaing terberat di PON 2024.

Masih kata Donal, Pelatda untuk basket sudah dilakukan di GOR Basket di kawasan Sports Center, Jalan Pancing Medan.

Untuk tim 3×3 putra dan putri masing-masing berisi lima atlet. Berdasarkan regulasi PON 2024, atlet untuk tim 3×3 adalah kelahiran 2001 dan 5×5 kelahiran 2002. Batasan usia ini diakui menguntungkan Sumut.

Baca juga: PON XXI Sumut-Aceh: Dara Latifah Siap Beri yang Terbaik untuk Sumut

“Untuk tim 3×3 sudah melakukan Pelatda di GOR Basket, Jalan Pancing,” ujarnya.

Diketahui untuk 3×3 putri diisi Egi, Marjan, Daffa, Billy dan Joan, diasuh pelatih Hidayat. Sementara untuk 3×3 putri ada Asima, Natalia, Tasya, Rahel dan Nadya yang diasuh pelatih Donal Marpaung.

Di tim 5×5 juga sudah melakukan persiapan secara mandiri. Dimana untuk tim putra dilatih Jetro Marpaung dan tim putri dilatih Jeni. (Andreas/hm20)

Teks Foto: Ketum Perbasi Sumut Iwan Hartono Alam bersama pengurus lainnya. (f:ist/mistar)

Related Articles

Latest Articles