15.6 C
New York
Sunday, May 19, 2024

Francesco Bagnaia Rebut Pole Terdepan MotoGP Catalunya 2023  

Cataluya, MISTAR.ID

Rider Francesco ‘Pecco’ Bagnaia mengukir waktu tercepat di kualifikasi MotoGP Catalunya 2023 berlangsung di Sirkuit Montmelo, pada Sabtu (2/9/23) sore, sehingga berhak start di posisi terdepan.

Beberapa pembalap tampil lebih dulu di Q1 dan berupaya pamer kecepatan, demi meraih posisi 2 besar sekaligus peluang memperebutkan pole di Q2.

Sejumlah pembalap hebat seperti Marc Marquez, Jack Miller dan Fabio Quartararo ambil bagian di dalam sesi Q1. Beberapa saat berlangsung, tampak kibaran bendera yang mengindikasikan potensi turunnya hujan.

Baca juga: MotoGP Catalunya 2023: Marquez Bersemangat Hibur Fansnya

Saat 5 menit akhir sesi, para rider pun menggeber tunggangannya masing-masing. Untuk sementara Miguel Oliveira mengungguli Franco Morbidelli, Quartararo dan Marquez.

Sesi Q1 pun selesai, dimana Oliveira dan rMarquez berhak maju ke Q2 ikut memperebutkan pole position. Beristirahat selama 10 menit, beberapa pembalap seperti Aleix Espargaro dan Francesco Bagnaia melaju kencang di awal-awal sesi. Selanjutnya Maverick Vinales dan Brad Binder yang memamerkan kecepatan motornya.

Jelang 5 menit akhir sesi Q2, Vinales masih bertengger sebagai pembalap dengan waktu lap tercepat, yakni 1 menit 39,099 detik. Dirinya unggu terhadap Binder (+0,077 detik) dan Espargaro (+0,108 detik).

Baca juga: Aleix Espargaro Ukir Waktu Tercepat di FP1 MotoGP Catalunya 

Marquez yang sepertinya akan kembali menggunakan strategi towing di menit-menit akhir sesi. MM93 tampat mengikut di belakang Bagnaia, dengan lap time 1 menit 38,639 detik!

Akhirnya Bagnaia berhak atas pole, disusul Aleix Espargaro dan posisi ketiga ditempati Miguel Oliveira. (dtk/hm16)

Related Articles

Latest Articles