5.8 C
New York
Friday, April 26, 2024

Bagnaia Menang Dramatis di Sirkuit Jerez MotoGP Spanyol 2023

Jerez, MISTAR.ID

Pembalap Ducati Francesco Bagnaia berhasil memenangkan MotoGP Spanyol 2023 di Sirkuit Jerez secara dramatis, Minggu (30/4/23) malam WIB. Sementara posisi kedua ditempati Brad Binder dan tempat ketiga ditempati Jack Miller.

Balapan MotoGP Spanyol sempat dihentikan red flag pada lap pertama usai terjadi kecelakaan yang mengakibatkan Fabio Quartararo, Miguel Oliveira, dan Marco Bezzecchi di tikungan kedua.

Balapan pun harus diulang. Quartararo dapat melanjutkan balapan. Bezzecchi yang tidak terjatuh dapat melanjutkan race. Sedangkan Oliveira tidak bisa melanjutkan balapan karena cedera. Saat balapan kembali dimulai pada lap pertama, Brad Binder berhasil memimpin diikuti rekannya Jack Miller. Sedangkan di tempat ketiga ditempati Francesco Bagnaia.

Baca juga: Senggol Marquez, Morbidelli Dihukum Long Lap Penalty di MotoGP Spanyol 2023

Pada lap pertama Alex Rins mengalami kecelakaan di sektor tiga dan empat. Posisi grup terdepan masih ketat dengan jarak Binder, Miller, dan Bagnaia tidak terlalu jauh. Pada lap ketiga Miller sukses menyalip Binder untuk memimpin balapan. Sementara Bagnaia masih di posisi ketiga diikuti Jorge Martin di posisi keempat. Sementara Fabio Quartararo masih berada di posisi ke-11.

Tetapi pada lap keempat Binder sukses kembali menggeser Miller untuk menempati posisi terdepan. Kemudian di lap keenam giliran Bagnaia yang berhasil mendahului Miller untuk menempati posisi kedua.

Miller kembali turun ke posisi keempat usai disalip Jorge Martin. Bagnaia terus membuntuti Binder. Sedangkan Miller yang berhasil menggeser Martin di tempat ketiga berada di belakang Bagnaia.

Meski demikian Miller berhasil kembali menempati posisi kedua usai menggeser Bagnaia di lap kedelapan. Pada lap ke-11 Aleix Espargaro berhasil merangsek ke posisi keempat menggeser Jorge Martin. Namun Martin berhasil kembali mengambil posisi keempat pada lap ke-13, sedangkan Aleix Espargaro turun ke posisi keenam setelah disalip Zarco.

Baca juga: Bastianini Ungkap Alasan Mundur dari MotoGP Spanyol

Pada lap ke-17 Bezzecchi mengalami kecelakaan dan tidak bisa melanjutkan balapan. Sementara Bagnaia berhasil merebut posisi kedua dari Miller. Di lap ke-22 Bagnaia sukses menggeser Binder di posisi terdepan. Bagnaia berhasil menjaga keunggulan 0,3 detik dari Binder hingga tersisa dua lap lagi. Binder terus menempe ketat Bagnaia tapi tidak bisa mendahuluinya hingga akhirnya Pecco menang MotoGP Spanyol 2023. (cnn/hm09)

Related Articles

Latest Articles