5.8 C
New York
Friday, April 26, 2024

Senggol Marquez, Morbidelli Dihukum Long Lap Penalty di MotoGP Spanyol 2023

Jerez, MISTAR.ID

Kecelakaan yang terjadi saat sprint race di Sirkuit Jerez Spanyol antara Alex Marquez dan Franco Morbidelli berbuah hukuman bagi Morbidelli, Sabtu (29/4/23). Kecelakaan tersebut membuat bendera merah alias red flag berkibar ketika sprint race baru berlangsung satu lap sehingga balapan harus dihentikan sementara.

Selain Marquez dan Morbidelli, Marco Bezzecchi dan Augusto Fernandez juga ada dalam daftar ‘korban’ kecelakaan tersebut. Kendati demikian keempatnya masih bisa ikut balapan ketika lomba dimulai lagi. Hanya saja friksi antara Marquez dan Morbidelli tak terelakkan. Marquez menilai Morbidelli melakukan tindakan yang tak benar.

“Saya tidak mengharapkan itu. Saya berada di sisi dalam, tidak ada lagi ruang. Saya mendengar ada motor dan saya tidak tahu itu dari mana, dan kemudian saya merasa tersenggol. Beruntung tidak ada yang luka. Saya tidak tahu kenapa Morbidelli mencoba menyalip di situ,” kata Marquez.

Baca juga: Sirkuit Jerez Spanyol Diperbaiki Jelang MotoGP 2023

“Bagi saya jelas itu melebihi batas karena tidak ada ruang. Tetapi soal race commissioners, itu seperti lotere,” jawab Marquez ketika ditanya soal tindakan Morbidelli secara khusus.

Morbidelli merasa tak bersalah dan menampik omongan Marquez. Ia menjelaskan dirinya sama sekali tak berniat menyalip dan hanya melajukan motornya mengikuti alur. “Saya tidak berupaya menyalip, itu adalah garis normal lintasan balap saya,” ujar Morbidelli menjelaskan seperti dikutip dari media.

“Inilah balapan sprint race. Ada banyak yang melakukan manuver menyalip di awal balapan. Dia dilewati Fabio [Quartararo] dan agak melebar. Ya, saya melihat ada jarak dan saya ada di lintasan saya. Saya tak ingin menyalip. Saya mencoba mengikuti jalur saya. Dia tidak melihat saya, dia tak memberi ruang? Saya tak tahu tetapi hasilnya kami bersenggolan dan terjatuh,” tutur pembalap berdarah Italia dan Brasil itu.

Baca juga: Bagnaia Pecahkan Rekor Jerez Demi Pole Position GP Spanyol

Morbidelli menutup pembelaan dengan menyatakan rasa syukur karena tidak ada pembalap yang mengalami luka serius setelah  terjatuh pada kecelakaan tersebut.

Stewards MotoGP mengumumkan Morbidelli harus menjalani hukuman long lap penalty pada balapan GP Spanyol karena tindakannya disebut bisa menimbulkan kecelakaan. Protes dari tim Yamaha tak mengubah keputusan itu. (cnn/hm09)

Related Articles

Latest Articles