20.6 C
New York
Tuesday, April 16, 2024

Taklukkan Alcaraz, Cameron Norrie Juara Rio Open 2023

Brasilia, MISTAR.ID

Cedera yang dialami Carlos Alcaraz hingga tak bisa bermain fit di partai final menjadi keuntungan bagi petenis Inggris Cameron Norrie yang sukses memanfaatkan situasi untuk memenangkan ATP Tour Rio Open di Rio de Janeiro, Brazil, Minggu waktu setempat.

Unggulan kedua Norrie bangkit dari ketertinggalan untuk mengklaim gelar turnamen kelima dalam kariernya, dengan menang 5-7, 6-4, 7-5 dalam dua jam 40 menit.  Kemenangan Norrie terjadi tepat tujuh hari setelah petenis Inggris peringkat 13 dunia itu kalah dari peringkat dua dunia asal Spanyol Alcaraz pada final Argentina Open di Buenos Aires.

“Sungguh istimewa memenangi yang satu ini, terutama setelah kalah di beberapa final tahun ini,” kata Norrie, yang juga kalah di final di Auckland pada Januari, seperti disiarkan media, Senin.

Baca juga: Alcaraz Jumpa Norrie di Final Rio Open

Sementara Norrie merayakan kemenangannya, Alcaraz memiliki masalah baru terkait kesehatan fisiknya setelah duel yang menguras energi yang membuatnya membutuhkan perawatan fisioterapi. Petenis berusia 19 tahun, yang debutnya musim 2023 baru dimulai pada turnamen pekan lalu di Argentina setelah empat bulan absen karena cedera, berjuang dengan cedera hamstring yang dia derita selama detik akhir final.

Dia menggunakan pengikat yang kuat di paha kanannya di pertengahan set kedua, ketika dia merasakan cedera saat memimpin 3-0 yang kemudian dimanfaatkan Norrie untuk merebut set tersebut dan menyamakan kedudukan. Sementara Alcaraz tidak dapat tampil maksimal pada set ketiga yang menentukan, petenis Spanyol itu masih mampu melakukan 19 pukulan forehand winner.

Namun, Norrie berupaya untuk meraih kesempatan memenangi turnamen pertamanya pada 2023 setelah mematahkan servis Alcaraz untuk keenam kalinya dalam pertandingan tersebut untuk memimpin 6-5. Norrie kemudian bertahan, meraih kemenangan dengan pukulan servisnya.

Baca juga: Carlos Alcaraz, Petenis Nomor 1 Dunia Beberkan Penyebab Mundur dari Australia Open 2023

“Saya harus melakukannya dengan cara yang sulit — penambahan dalam set, break, dan 0-30 pada servis saya,” ujar Norrie. “Saya merasa sudah selesai di sana, tapi saya berhasil menjentik tombol dan memutarnya jadi itu adalah hari yang baik. Saya harus melawan
banyak hal buruk, tapi saya berhasil bermain bagus di momen besar dan itulah yang dibutuhkan hari ini,” katanya. (ant/hm09)

Related Articles

Latest Articles