28.5 C
New York
Tuesday, June 18, 2024

Sebulan Jelang Idul Adha, Harga Kambing Kurban Cenderung Stabil

Simalungun, MISTAR.ID

Satu bulan menjelang Idul Adha 1445/2024, harga kambing di pasaran cenderung stabil. Jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, harga ini disebutkan peternak cenderung menurun.

“Sebenarnya untuk harga kambing itu dibanding dengan komoditas lain masih biasa saja,” ujar Buwono salah satu peternak asal Tanah Jawa kepada mistar.id, Jumat (24/5/24).

Ia mengatakan saat ini harga kambing kurban masih berkisar Rp3 jutaan. Menurut Buwono, harga kambing seharusnya sudah alami kenaikan menjelang Idu Adha. Kemudian Buwono menjelaskan, pembelian kambing bisa dilakukan sistem pesan di awal.

“Untuk pembelian bisa pesan terlebih dahulu atau down payment (DP). Cocok harganya, nanti ditunggu di rumah kambingnya datang. Kambing yang dibeli sekarang dapat diambil saat mendekati Idul Adha, sehingga pembeli tidak perlu susah untuk merawatnya,” terangnya.

Baca juga: Jelang Idul Adha, Distan Simalungun Periksa Hewan Kurban untuk Pengiriman Luar Daerah

Segala risiko pemeliharaan sebelum diberikan ke pembeli saat Idul Adha akan menjadi tanggung jawab Buwono.

“Sampai saat ini belum ada kejadian yang merugikan, seperti kambing mati,” tambahnya.

Ia berharap harga kambing segera naik, sehingga bisa menjadi penyemangat bagi peternak sepertinya dalam menjalankan usaha.

Terpisah, Andik (37) sebagai peternak sekaligus penjual kambing mengungkapkan jika ia telah menaikkan harga kambing satu bulan menjelang Idul Adha.

Baca juga: H-2 Idul Adha, Distan Simalungun Periksa Hewan Kurban Pengiriman Luar Daerah

“Kendati masih sekitar satu bulan lagi pelanggan sudah mulai banyak yang berdatangan untuk mencari kambing kurban,” jelasnya.

Ditanya soal harga, disebutkan Andik, harga kambing miliknya juga berkisar Rp3 jutaan.

“Sebelumnya Rp2 jutaan. Ini sudah bisa jual Rp3 jutaan. Harganya masih stabil ini. Ada kenaikan harga kambing biasanya disebabkan banyaknya permintaan dari konsumen,” pungkasnya. (abdi/hm20)

Related Articles

Latest Articles