2.1 C
New York
Thursday, February 22, 2024

Polres Simalungun Apel Pasukan Pergeseran Logistik dan Pengamanan Pemilu 2024

Simalungun, MISTAR.ID

Polres Simalungun melaksanakan apel pergeseran dan pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam Operasi Mantap Brata Toba 2023-2024, Minggu (11/2/24) pagi. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Kapolres AKBP Choky Sentosa Meliala.

“Apel ini bertujuan untuk memastikan kesiapan terakhir seluruh personel dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama proses pemungutan suara. Sebanyak 327 personel pengamanan TPS dari Polres Simalungun hingga ke Kapolsek sejajaran turut serta dalam pengamanan,” kata Choky di Lapangan Apel Mako Polres Simalungun.

Ia menekankan pentingnya tanggung jawab Polri dalam memberikan jaminan keamanan untuk Pemilu yang aman, damai, dan sejuk.

Baca juga: Masa Tenang, Bawaslu Taput Mulai Tertibkan APK dan Mobil Branding Caleg

Choky mengatakan, seluruh personel Polres Simalungun telah dilengkapi dengan berbagai alat dan perlengkapan yang mendukung pelaksanaan tugas pengamanan TPS.

Selain itu, ia juga menekankan pula pentingnya personel untuk menjaga kondisi kesehatan, memahami tugas dan tanggung jawab, serta mengikuti protokol pengamanan, termasuk larangan membawa senjata api kecuali bagi personel khusus yang diizinkan.

“Pemilu merupakan pesta demokrasi bagi seluruh rakyat Indonesia, dan merupakan tanggung jawab kita bersama untuk menjaga keamanan proses tersebut,” ujarnya.

Choky juga merinci strategi dan persiapan terkait pengamanan Pemilu 2024 di wilayah Simalungun.

Dengan pengamanan yang akan dilakukan di sejumlah 3052 TPS, Polres Simalungun menurunkan 327 personel dan akan bersinergi bersama personel dari Kodim 0207/Simalungun untuk memastikan pelaksanaan pemungutan suara berjalan lancar, aman, dan damai.

Baca juga: 6980 Personel Pengamanan Pemilu dari Polda Sumut Dilepas ke Daerah

“Kita sudah mempersiapkan personel dengan berbagai pelatihan dan simulasi pengamanan. Selain itu, setiap personel telah dilengkapi dengan perlengkapan yang mendukung, mulai dari alat komunikasi, pengamanan diri, dan tentunya pengetahuan dan pemahaman terkait SOP pengamanan TPS,” tuturnya.

Ia juga menegaskan komitmen Polres Simalungun dalam memberikan jaminan keamanan kepada semua pihak selama pelaksanaan Pemilu 2024.

Selain itu, Choky juga mengajak seluruh elemen masyarakat Simalungun untuk bersama-sama mendukung dan menjaga kondusivitas wilayah sehingga Pemilu 2024 dapat berjalan dengan lancar, aman, dan demokratis.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Simalungun mulai mendistribusikan logistik Pemilu 2024 hari ini, Minggu (11/2/24).(Indra/hm22)

Related Articles

Latest Articles