13.9 C
New York
Friday, April 12, 2024

Pemkab Simalungun Kembali Tata RTP Pantai Bebas Parapat

Simalungun, MISTAR.ID

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun kembali melakukan penataan
terhadap Ruang Terbuka Publik (RTP) Pantai Bebas Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon. Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk mengembalikan wajah Pantai Bebas Parapat pasca diresmikan Presiden Joko Widodo pada tahun 2022 lalu.

Asisten I Pemkab Simalungun, Albert Saragih mengatakan, Bupati Radiapoh Hasiholan Sinaga telah menginstruksikan untuk melakukan kegiatan pembersihan, penataan, termasuk penertiban guna menjaga kenyamanan, keindahan terutama panorama yang merupakan potensi wisata di wilayah Kaldara Toba dan potensi yang dimiliki di Kota Parapat.

Albert menjelaskan, saat ini pembersihan Pantai Bebas Parapat sudah mencapai 70 persen.

“Ini belum selesai dan sudah mulai nampak bagiannya bagaimana ini menunjukkan kembali kenyamanan dan keindahan merupakan potensi yang kita miliki,” katanya saat ditemui seusai kegiatan, Senin (25/3/24).

Baca juga: Puluhan Rante Tanaman Jagung Rusak di Dusun Maniksilau

Menurut Albert, kegiatan selanjutnya adalah pembersihan dan pengecetan beberapa bagian kawasan Pantai Bebas yang sudah mulai kusam, lusuh dan kumuh untuk mengembalikan keasriannya.

“Yang menjadi perhatian Pemkab Simalungun termasuk juga masyarakat, setelah pembersihan, penataan dan penertiban ini, tentunya tidak ditinggalkan begitu saja. Akan ditempatkan petugas untuk membantu pengamanan seperti dari TNI/Polri,” ujarnya.

Dengan demikian, wilayah yang sudah tata kembali tidak lagi dimasuki pedagang-pedagang atau orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

“Dengan ditatanya ini, kita siap untuk menerima kunjungan masyarakat, tamu-tamu kita dari luar daerah, terutama dalam peringatan hari besar keagamaan, Paskah, Lebaran 1445 Hijriah,” katanya.

Related Articles

Latest Articles