10.5 C
New York
Tuesday, January 31, 2023

Pemkab Simalungun Gelar 2 Gelombang Pilpanag di Tahun 2023

Simalungun, MISTAR.ID

Pemerintah Kabupaten Simalungun akan menggelar 2 Gelombang Pemilihan Pangulu Nagori (Pilpanag) di Tahun 2023 ini.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Nagori (DPMPN) Kabupaten Simalungun Jonni Saragih, Selasa (24/1/23).

Diterangkan Jonni, untuk Gelombang pertama akan dilaksanakan di 248 Nagori, yang tahapannya sudah mencapai tahap verifikasi berkas para bakal calon, yang banyak sampai 774 Bakal Calon.

Baca juga:Dari 248 Peserta Pilpanag Simalungun, 13 Nagori Wajib Ikut Ujian

Kemudian untuk gelombang ke dua akan dilaksanakan di 77 Nagori, namun tahapanĀ  belum dimulai. Untuk 77 Nagori ini, masa Jabatan Pangulu berakhir pada Oktober Tahun 2023.

Untuk gelombang pertama ini, Jonni menerangkan ada 13 Nagori yang calon nya lebih dari 5 Calon. Dimana sesuai ketentuan Pilpanag, minimal 2 calon dan maksimal 5 calon.

Bagi nagori yang calon nya lebih dari 5, panitia kabupaten akan membentuk panitia untuk melakukan seleksi, hingga didapatkan 5 calon.

“Itu nanti seleksiĀ  80 persen ujian tertulis, dan 20 skoring pembobotan,” ucap Jonni Saragih.

Untuk calon yang hanya satu calon, maka akan dilakukan perpanjangan masa pencalonan, sampai nanti akan didapatkan calon lebih dari satu.

Ketika masih belum memenuhi syarat jumlah calon, maka Pilpanag di Nagori akan ditunda sampai gelombang berikutnya.

baca juga:5 Nagori di Dolog Masagal Laksanakan Pilpanag, Camat : Bersainglah Secara Sehat

Sementara untuk segi keamanan Pilpanag di Kabupaten Simalungun, pihaknya sudah melakukan kordinasi dengan Polres Simalungun dan Kodim 02/07 Simalungun.

Jonni berharap, agar semua pihak ataupun panitia bisa menjalankan tugasnya sesuai ketentuan yang berlaku, dan untuk para calon Jonni meminta agar menjaga kekondusifan. (roland/hm06)

 

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,687FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles