24.5 C
New York
Saturday, July 13, 2024

Libur Sekolah, Lonjakan Kendaraan Terjadi di Pelabuhan Ajibata

Simalungun, MISTAR.I

Selama musim libur sekolah Pelabuhan Penyeberangan Ajibata terus dipadati kendaraan wisatawan yang hendak berkunjung ke Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Destinasi Pulau Samosir, Negeri Indah Kepingan Surga.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) cabang Danau Toba Fauzie Akhmad, mengatakan penyebrangan Ajibata-Ambarita mengalami peningkatan.

“Kendaraan yang menyebrang dari Ajibata-Ambarita Kabupaten Samosir mengalami peningkatan sejak 22 juni 2024 yang lalu didominasi kendaraan roda empat, ‚ÄĚkata Fauzie Akhmad, Minggu (7/7/24).

Baca juga:Memasuki Musim Penghujan dan Angin Kencang, Penyebrangan Ajibata-Simanindo masih Normal

Dikatakan Fauzie lagi, bahwa selama libur sekolah ratusan kendaraan wisatawan setiap harinya menyeberang dari pelabuhan Ajibata menuju Ambarita dan sebaliknya.

“Sejauh ini seluruh penumpang dan kendaraan terlayani dengan baik tampa harus mengantri di dermaga-dermaga.
Untuk memenuhi lonjakan wisatawan, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) cabang Danau Toba juga menambah jadwal keberangkatan kapal setiap harinya,” ujarnya lagi.

Disampaikan, untuk diakhir pekan (long weekend) KMP Ihan Batak dan KMP Pora-Pora kita operasikan hingga tengah malam, agar wisatawan tidak di lokasi yang dituju.

Kepala pelabuhan (Kawilker) Ajibata Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Penyeberangan (KSOPP) Danau Toba menyampaikan, Volume kendaraan memasuki pelabuhan Ajibata mengalami peningkatan dari hari biasanya terlebih diakhir pekan (long weekend)

“Namum, meskipun terjadi lonjakan penumpang, antrian kendaraan di pelabuhan Ajibata maupun Ambarita tidak pernah terjadi, Karena pengguna jasa tiba di pelabuhan satu jam sebelum kapal berangkat sesuai dengan jam tiket yang sudah dipesan para penumpang, “ujar Carter Panggabean

Carter Panggabean juga menambahkan, penyeberangan di lintasan tersibuk Ajibata menuju Ambarita selama libur sekolah berjalan lancar aman, nyaman dan arus balik diperkirakan akan mulai terjadi hari ini Minggu 7 Juli 2024.

Kepala Kantor Kesyahbandar dan Otorita Pelabuhan Penyeberangan Danau Toba Rijaya Simarmata, memasuki musim libur seperti saat ini. Kantor Kesyahbandar dan Otorita Pelabuhan Penyeberangan (KSOPP) Danau Toba, pun memprediksi jumlah kunjungan wisatawan yang akan nyeberang melalui jasa perkapalan ke Pulau Samosir akan meningkat.

Baca juga:Warung Kelontong di Toba Dilalap Api

“Mulai kemarin pun sudah banyak yang menyebrang. Selain sudah normal, saat ini jugakan musim libur. Banyak yang berlibur,” ujarnya lagi.

Dimasa musim libur sekolah saat ini, dikatakan Rijaya Simarmata dan untuk penyebrangan kapal ditambah jam operasionalnya. Hal ini pun dampak dari tingginya animo masyarakat yang berlibur.

“Kita akan memastikan pengawasan dilakukan secara ketat baik dari segi kondisi sebelum kapal diizinkan berlayar mengarungi Danau Toba di musim libur ini,” ujarnya.

Lanjutnya lagi, selain memastikan terpenuhinya keselamatan pelayaran, pihaknya juga menginstruksikan seluruh jajaran KSOPP Danau Toba mengecek manifest kapal.

“Ketentuan akan diterapkan, jumlah penumpang tidak boleh melebihi kapasitas kapal yang sudah ditentukan dan setiap penumpang harus terdaftar dalam manifest kapal,” pungkas Rijaya Simarmata. (hamzah/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles