17 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Diresmikan Bupati, Gedung BPKPD Lengkapi Fasilitas Pelayanan Publik Pemkab Simalungun

Simalungun, MISTAR.ID

Bupati Radiapoh Hasiholan Sinaga meresmikan gedung Balei Pelayanan Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kabupaten Simalungun, Rabu (17/1/24). Gedung yang baru diresmikan tersebut diharapkan akan mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun.

Peresmian gedung ditandai dengan pembukaan selubung plank nama oleh Bupati Radiapoh disusul dengan penandatangan prasasti hingga pengguntingan pita.

Secara simbolik pula, Bupati menyerahkan laptop kepada UPTD BPKPD di kecamatan, untuk mendukung kinerja pegawai di sana.

Baca Juga: Pemkab Simalungun Surati Agen dan Camat Terkait Perpanjangan Pendaftaran Pembelian Gas 3 Kg

Kepala Pengelolaan Keuangan dan Pajak Daerah (BPKPD) Kabupaten Simalungun Frans N Saragih mengatakan, peresmian Balei BPKPD tersebut dirangkai dengan launching Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) Kabupaten Simalungun.

Launching KKPD ini ditandai dengan penyerahan Kartu Kredit kepada sejumlah pimpinan OPD.

“Balei BPKPD didirikan untuk mendukung pelayanan publik yang terpusat dengan fasilitas yang sesuai dengan ketentuan yang di persyaratan Permen PAN-RB RI Nomor: 15 Tahun 2014,” ujar Frans Saragih saat memberikan kata sambutan.

Lanjutnya lagi, BPKPD berkomitmen untuk menjawab berbagai tantangan di bidang pengelolaan keuangan dan pendapatan daerah dalam mewujudkan pemerintahan yang baik. Hal ini juga merupakan Pemkab Simalungun untuk mengakselerasi tercapainya visi misi.

“Kami berusaha tingkatkan standar mutu pelayanan dengan melengkapi fasilitas pelayanan publik bagi pengguna layanan, juga menjangkau masyarakat luas dengan adanya aplikasi ‘SOHEI’ dan agen Sumut Lingk yang tersebar di 32 Kecamatan,” tambah Frans

Frans melanjutkan, saat ini BPKPD telah melayani 17 jenis layanan publik di Kabupaten Simalungun, termasuk penerbitan Nomor Wajik Pajak Daerah (NPWPD) hingga perubahan tanggungan suami maupun istri.

Baca Juga: Tahun 2023, Pemakaian Listrik di Simalungun Rata-rata 111,3 kWh/Bulan

“Seluruh layanan ini dapat diperoleh di Kantor Balei Pelayanan BPKPD. Pelayanan diharapkan sesuai dengan motto kami, Bersinergi, Objektif, Handal, Efektif dan Berintegritas,” tuturnya.

Selama kurun waktu di Tahun 2023 lalu, Frans Saragih mengungkapkan, bahwa dinas yang dipimpinnya berhasil melampaui target dari Pemkab Simalungun, yaitu realisasi pajak, dengan capaian meningkat 10,16% dari target yang ditetapkan.

“Di tahun 2023, BPKPD juga meraih peringkat pertama hasil championship PT2DD dalam kategori Kabupaten wilayah Sumatera Utara dengan skor 70,78; dan meraih penghargaan dari BPJS dan PT Taspen Pematangsiantar meraih nilai indeks kepuasan masyarakat (IKM) sebesar 90,48 kategori mutu pelayanan A,” pungkasnya. (Hamzah/hm22)

Related Articles

Latest Articles