28.2 C
New York
Sunday, July 21, 2024

Aquabike World Championship 2024, RTP Parapat Turut Digunakan

Simalungun, MISTAR.ID

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Simalungun Muhammad Fikri Damanik, bahwa Aquabike World Championship 2024 Danau Toba rencananya turut melibatkan kawasan Kabupaten Simalungun.
Sebagai tindak lanjut rencana itu, Fikri mengatakan bahwa rombongan dari Panitia Aquabike World Championship 2024 Danau Toba, telah mengunjungi Ruang Terbuka Publik (RTP) Pantai Bebas Parapat dan juga Atsari, Rabu (5/6/24).
“Mereka datang kedua kalinya untuk memastikan yang disurvei pertama kemarin sesuai dengan apa yang telah direncanakan,” ujar Fikri F Damanik.
Sebelum kegiatan dilakukan November 2024, panitia, kata Fikri, datang untuk memperhatikan kelengkapan dan pendukung lainnya seperti  pengaturan lalu lintas, pengaturan parkir dan kemudian layanan kesehatan.

Adapun lokasi atau venue penonton berada di RTP Pantai Bebas Parapat dan juga Atsari. Kedua lokasi ini menjadi lokasi penonton Vip dan juga umum.

“Kalau untuk pebalap dan pedoknya berada di Wisata  Atsari . Kan itu yang ada pantainya,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo atau Bamsoet menegaskan, IMI siap menggelar Aquabike World Championship 2024 di Danau Toba, dalam tiga seri yang bertempat di Kabupaten Dairi, Karo dan Pangururan.

“Kesuksesan penyelenggaraan Aquabike World Championship 2023 akan menjadi modal utama penyelenggaraan Aquabike World Championship 2024 di tempat yang sama,” ujar Bamsoet usai bertemu Pengurus IMI dan pembalap Aquabike Indonesia di Jakarta.

Baca juga: Antusias Warga Nonton Balapan Aquabike Jetski World Championship 2023 di Samosir 

Ia mengatakan, selain untuk menemukan talenta bangsa yang unggul, ajang Aquabike World Championship 2024 juga memiliki misi memperkenalkan pariwisata Danau Toba di mata dunia sebagai destinasi pariwisata super prioritas.

Gelaran ini meningkatkan sport tourism serta memberikan multiplier effect bagi perekonomian Indonesia khususnya masyarakat sekitar Danau Toba. Event Aquabike World Championship juga berencana akan berlangsung di Indonesia setiap tahunnya hingga tahun 2027.

“Pemilihan Danau Toba sebagai tempat penyelenggaraan Aquabike World Championship 2024 di Indonesia sangat tepat. Karena Danau Toba merupakan danau vulkanik terbesar di dunia.” Ujarnya. (hamzah/hm17).

Related Articles

Latest Articles