14.2 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Perlombaan Solu Bolon Meriahkan Aquabike Jetski World Championship di Samosir

Samosir, MISTAR.ID

Hari ketiga pergelaran sport tourism Aquabike Jetski World Championship yang berlangsung di water front city Pangururan, Samosir, diramaikan dengan perlombaan dayung sampan (Solu Bolon). Peserta Solu Bolon berasal dari 8 Kabupaten yang mengelilingi Danau Toba berkompetisi pada Jumat (24/11/23).

Kemeriahan Samosir Cup yang merupakan rangkaian event Internasional Aquabike Jetski World Championship berlangsung dengan sangat meriah. Perlombaan Solu Bolon ikut ramaikan suasana. Sebanyak 8 Kabupaten menurunkan atlet dayung Solu Bolon nya untuk memperebutkan hadiah total sebesar Rp. 250 juta.

Kedelapan Kabupaten yang ikut serta antara lain Kabupaten Dairi, Karo, Taput, Samosir, Toba, Humbahas, Simalungun dan Pakpak Bharat.

Baca juga: Melalui Lomba Solu Kabupaten Toba Wujudkan Sport Tourism

Salah seorang pendayung Solu Bolon asal Taput Johannes Siregar menyatakan kesiapannya dalam perlombaan tersebut. Sejumlah latihan rutin dan mengkonsumsi makanan yang bergizi pun dilakukan sebagai persiapan untuk membanggakan nama Kabupaten Taput.

“KIta rutin latihan setiap hari mulai pukul 4 hingga pukul 6 sore. Puding (suplemen alami untuk tubuh.red) terus kami konsumsi agar bertenaga saat perlombaan hari ini,” ujarnya.

Johannes juga memberikan semangat kepada seluruh peserta dari ke tujuh Kabupaten lainnya untuk memberikan yang terbaik dalam perlombaan Dragon Boat di Samosir.

“untuk teman-teman yang sudah gugur jangan berkecil hati. Dan untuk teman yang masih tersisa semangat terus ya,” ucapnya dengan semangat.

Baca juga;4 Rumah Ditambah 2 Buah Sampan Nelayan Terbakar di Asahan

Solu Bolon/Dragon Boat merupakan sebuah sampan tradisional yang dulunya merupakan alat transportasi air yang hanya dimiliki oleh tetua adat maupun Raja Batak.

Sampan yang memiliki ornamen kepala dan ekor naga di setiap ujung sisinya tersebut, kini dijadikan perlombaan yang menarik di Danau Toba. Beranggotakan 10 orang pendayung, 1 orang pengemudi dan satu orang penabuh gendang, menjadikan Solu Bolon enggan dikikis oleh zaman. (wahyudi/hm17).

Related Articles

Latest Articles