5.9 C
New York
Tuesday, March 5, 2024

Selain Galang Dana, GMKI Bentuk Tim Investigasi Usut Penyebab Banjir Bandang Humbahas

Pematang Siantar, MISTAR.ID

Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) bentuk tim investigasi untuk mengetahui penyebab banjir bandang di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas). Sebab, menurut GMKI banjir yang menelan belasan korban itu terdapat sejumlah kejanggalan.

Koordinator Wilayah 1 Sumut Aceh PP GMKI, Hizkia Silalahi mengungkapkan, mereka merasa terpanggil atas peristiwa tersebut. Selain menyebabkan kematian, bencana itu juga hampir melumpuhkan ekonomi masyarakat sekitar.

Dia mengatakan, GMKI juga menurunkan tim bantuan sosial untuk menangani para korban yang saat ini mengungsi.

“GMKI bentuk tim bantuan sosial dan investigasi guna membantu masyarakat yang sedang terkena musibah di Humbang Hasundutan, serta membantu menemukan solusi atas apa yang terjadi,” ucapnya melalui keterangan tertulis, Kamis (7/12/23).

Baca Juga : Banjir Bandang di Humbahas, Bupati Koordinasi dengan Kapolres Usut Penebangan Hutan

Bantuan sosial yang telah dibentuk kini bertugas mengumpulkan donasi dari masyarakat dan akan diserahkan langsung kepada keluarga korban bencana banjir bandang.

Masih kata Hizkia, tim investigasi yang dibentuk akan mengumpulkan data dan fakta di lapangan dengan menyusuri aliran sungai dari hulu ke hilir yang membawa bebatuan serta potongan kayu besar yang menimbun desa Simangulampe tersebut.

Di satu sisi, GMKI berharap para korban yang masih hilang dapat segera ditemukan. “Kita berharap juga agar korban yang masih hilang segera ditemukan dan fasilitas umum serta rumah-rumah penduduk segera mendapat bantuan untuk diperbaiki,” ucapnya. (gideon/hm24)

Related Articles

Latest Articles