5.9 C
New York
Tuesday, March 5, 2024

Banjir Bandang di Humbahas, Bupati Koordinasi dengan Kapolres Usut Penebangan Hutan

Humbahas, MISTAR.ID

Beredar isu penyebab banjir bandang di Desa Simangulampe Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) disebabkan perambahan hutan. Kondisi ini pun menyeret salah satu oknum kepala Desa di Kecamatan Lintongnihuta dan oknum aparat penegak hukum berinisial DS atas dugaan kejahatan lingkungan di Siboli Boli, Bukit Holbung, Desa Habeahan.

Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, menyayangkan lokasi penebangan kayu di Desa Habeahan Kecamatan Lintongnihuta yang diduga menjadi penyebab longsor di Desa Simangulampe Kecamatan Baktiraja,

“Cukup disayangkan mengapa ini bisa terjadi. Terlebih kepada kades dan seluruh perangkatnya yang membiarkan hal ini bisa terjadi. Tidak mungkin kades dan perangkat tidak tahu hal ini,” ujar Dosmar saat meninjau lokasi penabangan di Desa Habeahan, Selasa (6/12/23).

Soal dugaan praktik illegal logging penyebab bencana longsor, Dosmar mengaku telah berkoordinasi dengan Kapolres untuk memproses aksi penebangan pohon yang terjadi di Desa Habeahan tersebut.

Baca Juga : Hingga Hari ke-5 Korban Banjir Bandang di Humbahas Belum Bertambah

Dosmar berharap semua pihak terkait, termasuk kades dan perangkat desa untuk bekerja sama dan terbuka dalam mencari dalang penyebab gundulnya hutan yang ada di Desa Habeahan Kecamatan Lintongnihuta.

Dosmar Banjarnahor di laman instagram miliknya @dosmarb menyebut “menurut informasi yang didapat dari masyarakat, bahwa penebangan liar di Desa Sitolu Bahal kecamatan Lintongnihuta, pelaku dibekingi oleh aparat inisial DS”. (fernando/hm24)

Related Articles

Latest Articles