15.3 C
New York
Sunday, March 3, 2024

Ratusan Penyandang Disabilitas Siantar-Simalungun Semarakkan HUT RI ke 77

Pematang Siantar, MISTAR.ID

Ratusan orang penyandang disabilitas seperti anak-anak dan dewasa dari Siantar-Simalungun ikut merayakan HUT RI ke 77. Mereka bergerak dari rumah masing-masing dan melakukan pawai keliling Kota Pematang Siantar dengan mengendarai kendaraan bermotor, Rabu (17/8/22).

Ketua Yayasan Rumah Ramah Anak Berkebutuhan Khusus (RRABK), Erlina Sinaga mengatakan, selain ikut memeriahkan HUT RI ke 77, pihaknya juga memberitahu kepada masyarakat luas tentang kondisi keluarga disabilitas yang ada di Siantar-Simalungun.

“Kegiatan ini dilakukan agar semakin banyak yang mengerti dan paham tentang kondisi keluarga disabilitas itu ada di Kota Pematang Siantar dan Simalungun,” ujar Erlina Sinaga ketika diwawancarai, Rabu (17/8/22) di parkiran Dinas Pariwisata di Jalan Merdeka, Kota Pematang Siantar.

Baca juga: Nurmala, Atlet Disabilitas Sebagai Relawan untuk ABK

Tidak hanya itu saja, Erlina kembali menyampaikan bahwa kegiatan yang mereka lakukan dengan pawai keliling dari Jalan Asahan, lalu ke Jalan Sutomo, Jalan Merdeka dan singgah ke parkiran Pariwisata tak lain untuk menunjukkan keberadaan mereka.

“Harapannya, kegiatan ini bisa semakin banyak cinta dan perhatian kepada penyandang disabilitas seperti dari pemerintah. Terkhusus untuk keluarga disabilitas baik itu anak dan juga dewasa. Apapun kondisinya, mereka sama,” ujarnya.

Di Kota Pematang Siantar sendiri, seperti dikatakan Erlina Sinaga dan terhadap jumlah penyandang disabilitas tersebut pun berjumlah kurang lebih 200 orang. Baik anak dan juga dewasa.

“Perhatian pemerintah, dari Kabupaten Simalungun memberikan rumah singgah. Kota Pematang Siantar belum, masih menunggu,” katanya.

Baca juga: Program Bantuan Tunai untuk Penyandang Disabilitas dan Lansia Didukung DPRD Medan

“Setelah lama kita vakum akibat pandemi Covid-19 dan tahun ini kembali dirayakan kegiatan yang ramai seperti ini. Harapan, setelah kita lama di rumah, kini kita keluar dan menunjukkan kepada masyarakat bahwa kita ada di sini. Semakin banyak akses, semakin baik akses yang kita terima sebagai keluarga disabilitas,” ucapnya.

Disampaikan Erlina Sinaga, pihaknya bakal melakukan banyak kegiatan perlombaan untuk memeriahkan hari Kemerdekan ke -77 tahun ini. (hamzah/hm09)

Related Articles

Latest Articles