15 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Mirip, Namun ada Perbedaan Antara Rantai Motor Balap dan Motor Harian

Jakarta, Mistar.id

Nama ini juga mengacu pada bagian atau komponen yang dibuat khusus, seperti rantai.

Rantai motor balap dan motor sehari-hari tampaknya sama sekali tidak berbeda.

Zenal, anggota tim promosi RK Chain Indonesia, menjelaskan perbedaan antara rantai motor balap dan motor harian.

Zenal, yang saat ini bergabung dengan PT Surya Tri Tunggal, yang merupakan importir RK Chain dan SSS untuk GridOto, mengatakan, “Kalau pada rantai RK Chain biasanya untuk balap banyak yang pakai tipe HRU.”

Baca juga : Karena Alasan ini, Anda Harus Mencuci Motor dari Bagian Bawah

Selain itu, dia menyatakan, “Rantai RK Chain membuat motor balap itu pakai tipe HRU dengan ukuran 415.”

Angka 415 menunjukkan ukuran rantai yang digunakan. Semakin kecil angkanya, semakin kecil dimensi rantai, sehingga lebih ringan.

Namun, motor sport biasanya menggunakan rantai ukuran 428–520.

Saat dihubungi melalui pesan singkat pada Rabu lalu (01/24), Zaenal menjelaskan, “Kemudian untuk tipe HRU itu sudah pakai sil model u-ring.”

Selain itu, dikatakan bahwa sil model u-ring ini membuat rantai motor balap lebih ringan.

Zaenal menjelaskan bahwa sil u-ring ini 50% lebih tipis daripada sil o-ring pada rantai RK Chain tipe ELO dan KLO2.

“Efeknya, bobot rantai menjadi lebih ringan namun tetap kuat,” katanya.

Menurut Zaenal, sil digunakan pada rantai motor balap dengan tujuan tertentu. “Fungsi sil itu untuk menjaga oli rantai biar enggak gampang keluar.”

Orang yang kantornya terletak di Jalan Pegangsaan Dua KM 5 No.9A/B, Kelapa Gading, Jakarta Utara, menyimpulkan, “Kemudian sebagai pendingin supaya rantai tidak gampang mulur.”

Related Articles

Latest Articles