13.2 C
New York
Thursday, May 2, 2024

Mau Derek Mobil? Pertimbangkan Sistem Penggerak Mobilnya

Jakarta, Mistar.id

Jika Anda mengendarai truk dengan pengangkat roda, Anda harus memperhatikan sistem penggeraknya terlebih dahulu.

Setelah bagian belakangnya diangkat dan roda depannya menyentuh aspal, Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid berkelir hitam ini diderek dengan truk pengangkat roda.

Ada kemungkinan bahwa Toyota Kijang Innova Zenix, yang saat ini menggunakan penggerak roda depan (Front Wheel Drive, FWD), dapat diikuti dengan cara ini.

Sebagai contoh, pada halaman 339 buku panduan pemilik Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid terdapat penjelasan tentang cara derek mobil ini.

Bagian depan Toyota Kijang Innova Zenix diangkat oleh derek truk pengangkat roda.

Selama roda depan dilengkapi dengan dolly, mobil dapat diderek dengan mengangkat bagian belakangnya.

Baca juga : Salah Parkir, Dua Mobil Diderek di Medan

Dolly adalah roda kecil yang digunakan untuk menyangga roda mobil yang diderek.

Tujuannya adalah untuk mencegah roda depan, yang berfungsi sebagai roda penggerak, berputar saat mobil diderek.

Soalnya, jika kendaraan diderek dengan roda depan menyentuh tanah, sistem penggerak dan bagian yang berhubungan dengannya dapat rusak.

Pemilik bengkel ARP Motor Sport Ade Rachmat mengatakan, “Mobil yang diderek tarik dengan diangkat baik pada bagian depan atau belakang berkaitan dengan penggerak mobil yang diderek.”

Ban penggerak mobil tidak boleh bersentuhan langsung dengan jalan saat diderek karena berhubungan langsung dengan transmisi.

Transmisi akan rusak jika bagian ban penggerak tidak diangkat, terutama transmisi otomatis.

Ade Rachmat menjelaskan, “Saat mobil diderek, posisi mesinnya mati, jika bagian ban penggerak mobil bergerak, gearbox juga bergerak, tetapi tidak ada sirkulasi oli transmisi karena mesinnya mati.”

Pemilik bengkel spesialis Worner Matic, Hermas Efendi Prabowo, juga menyatakan hal yang sama.

Related Articles

Latest Articles