10.4 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Verstappen Juara F1 GP Australia 2023

Melbourne, MISTAR.ID

Pembalap Red Bull Racing Max Verstappen berhasil menjadi pemenang Formula 1 (F1) GP Australia yang diwarnai tiga red flag di Sirkuit Albert Park, Minggu (2/4/23) siang WIB. Balapan berlangsung sengit saat start. George Russell langsung mengambil alih posisi paling depan dari Verstappen.

Verstappen bahkan harus turun ke posisi ketiga karena dilewati oleh Lewis Hamilton di lap-lap awal F1 GP Australia. Balapan juga sempat dihentikan pada lap ketujuh karena tabrakan yang dialami oleh Alex Albon di tikungan tujuh.

Setelah itu Verstappen memperlihatkan kecepatan mobilnya. Ia mampu mengambil alih posisi paling depan, sedangkan Russell malah gagal menyelesaikan balapan. Verstappen berada di posisi paling depan diikuti oleh Hamilton dan Fernando Alonso hingga lap ke-19.

Baca juga: Tampil Dominan, Max Verstappen Rebut Pole di GP Australia

Verstappen terus memimpin usai merebut posisi paling depan. Namun ia sempat membuat kesalahan mendekati akhir balapan karena keluar dari trek. Beruntung buat Verstappen jaraknya terbilang jauh dari Hamilton. Alhasil meski kehilangan waktu sekitar lima detik, pembalap asal Belanda itu masih tetap memimpin balapan.

Drama kembali terjadi pada lap ke-53. Mobil yang dikendarai Kevin Magnussen menabrak pagar pembatas dan membuatnya mobilnya kehilangan satu satu ban dan red flag berkibar untuk kali kedua. Saat balapan kembali dilanjutkan, rangkaian tabrakan terjadi di tikungan pertama usai restart. Alonso gagal melanjutkan balapan setelah bertabrakan dengan Carlos Sainz dan dua pembalap Alpine, Pierre Gasly dan Esteban Ocon juga mengalami tabrakan.

Stewards F1 memutuskan untuk melakukan start ulang usai insiden yang terjadi. Balapan pun berakhir dengan kemenangan Verstappen diikuti Hamilton di posisi kedua dan Alonso finis ketiga.

Baca juga: Verstappen Tercepat di Latihan Bebas GP Australia 2023

Sementara itu, pembalap Ferarri Charles Leclerc mengalami nasib nahas. Ia harus mengakhiri balapan di lap pertama setelah bertabrakan dengan Lance Stroll di tikungan tiga. Hasil ini membuat Leclerc mengawali musim ini dengan buruk. Ia sudah dua kali gagal
finis dari tiga balapan pada awal musim ini. (cnn/hm09)

Related Articles

Latest Articles