18.9 C
New York
Saturday, May 25, 2024

Rakerda KONI Deli Serdang Dibuka, Pj Bupati Singgung SDM

Deli Serdang, MISTAR.ID

Penjabat (Pj) Bupati Deli Serdang, Ir Wiriya Alrahman membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Deli Serdang Tahun 2024 di Hotel Miyana, Desa Sampali Kecamatan Percut Sei Tuan, Sabtu (25/5/25) sore.

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Wiriya menyebutkan bahwa olahraga merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari pembangunan bangsa. Terutama dalam rangka peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Di sisi lain, prestasi olahraga juga dapat mengangkat harkat dan martabat suatu daerah dalam regional, nasional bahkan internasional.

“Karena demikian pentingnya pembangunan bidang olahraga, maka KONI memiliki peran strategis dalam menentukan maju mundurnya olahraga suatu daerah.Namun, untuk mencapai mewujudkan kemajuan dan prestasi olahraga, tentunya sangat diperlukan sinergitas antara pemerintah daerah dan KONI. Karena memajukan olahraga merupakan tanggungjawab kita bersama,” kata Pj Bupati Wiriya Alrahman.

Ia juga mengimbau semua pihak agar mendukung atlet-atlet Deli Serdang. Kedepannya, atlet asal daerah itu harus bisa lebih banyak lagi yang berprestasi.

Baca juga: Resmi Jadi Ketua KONI Taput, Tulus Simanjuntak Bubarkan Panitia Pelantikan

“Saya baru mendengar bahwa dana KONI Deli Serdang selama ini berada di Dinas Budporapar. Padahal di KONI Sumut maupun KONI Medan, sudah dana hibah.Kalau belum dana hibah, bagaimana olahraga itu bisa lebih maju. Sebab, dengan adanya dana hibah maka pembinaan atlet berprestasi di Deli Serdang bisa tercapai,”ungkapnya seraya menyebutkan nantinya dana hibah KONI daerah itu dirapatkan oleh panitia anggaran.

Wiriya juga memberikan apresiasi dan menyambut baik pelaksanaan Rakerda KONI Deli Serdang Tahun 2024.

“KONI diharapkan mampu menghasilkan program kerja yang benar-benar bermuara pada peningkatan kuantitas dan kualitas Karena organisasi ini merupakan induk sekaligus payung bagi pengurus cabang olahraga dimana sangat berperan penting peranannya dalam kemajuan pembangunan keolahragaan di Kabupaten Deli Serdang yang kita cintai ini,” paparnya.

Dijelaskannya,tahun 2024 merupakan momentum bagi Kabupaten Deli Serdang, karena PON XXI tahun 2024, khususnya di Sumatera Utara, event nya banyak diselenggarakan di Deli Serdang.

Baca juga: KONI Deli Serdang Targetkan Juara Umum Porprovsu di 2026

“Keberadaan Kabupaten Deli Serdang tentu banyak mengambil peranan besar dalam menyukseskan terselenggaranya PON XXI Sumatera Utara – Aceh,”ujar Wiriya.

Melihat waktu menuju PON sudah tidak lama lagi,ia juga meminta dinas terkait memperbaiki sarana dan prasarana bangunan milik Pemkab Deli Serdang seperti Gelanggang Olahraga (GOR) Lubuk Pakam yang nantinya akan digunakan untuk PON.

“Saya instruksikan kepada seluruh stakeholder terkait untuk berkomunikasi dan konsultasi kepada KONI Sumatera Utara. Apa-apa saja yang diperlukan untuk mensukseskan event skala nasional tersebut,” tegas Pj Bupati.

Ketua Umum KONI Deli Serdang, dr.Asri Ludin Tambunan menyebutkan, Rakerda KONI Deli Serdang untuk merencanakan program 2024, sekaligus juga menyusun rencana kerja tahun 2025.

“Kita memang memerlukan dukungan pemerintah daerah untuk kemajuan olahraga prestasi di Deli Serdang. Sedangkan jumlah atlet asal Deli Serdang yang masuk Pelatda Sumut menuju PON ke 21 tahun 2024 ada sebanyak 96 orang,”ujar dr Asri Ludin Tambunan.

Baca juga: KONI Deli Serdang Serahkan Bantuan Pelantikan KONI Pancur Batu

Wakil Ketua II KONI Sumatera Utara, H Sakiruddin  memaparkan tugas pokok dan fungsi Rakerda pada hari ini yaitu mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan tahun 2023. Kemudian, merencanakan program kerja tahun 2024.

“Mengingat pelaksana rakerda ini di akhir bulan Mei, sebaiknya direncanakan juga untuk program tahun 2025,” harapnya.

H Sakiruddin juga mengatakan bahwa, KONI Deli Serdang pada saat Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (Porprovsu) tahun 2022 mengikutsertakan 16 cabang olahraga (cabor), dengan 308 atlet, pelatih dan official menduduki rangking 2 dengan perolehan 20 medali emas, 29 medali perak dan 43 medali perunggu .

Rakerda tersebut juga dihadiri sejumlah kepala OPD,Ketua MUI,KH.Amir Patagama,unsur pengurus KONI Deli Serdang,44 Cabor dan Ketua KONI Kecamatan se-Deli Serdang.(rinaldi/hm17)

Related Articles

Latest Articles