17.7 C
New York
Tuesday, May 7, 2024

Performa Pebulu Tangkis Indonesia Merosot Jelang Akhir 2023

Jakarta, MISTAR.ID

Selama tahun 2023, atlet badminton Indonesia menjalani fluktuasi penampilan. Mengawali 2023 dengan gemilang, performa atlet bulu tangkis Tanah Air merosot jelang akhir tahun.

Pasangan ganda putra, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berada di posisi puncak rangking BWF. Namun turun ke posisi 6 pada akhir tahun.

Mulai tahun 2018, pertama kalinya Indonesia tak mempunyai wakil di BWF World Tour Finals. Di BWF WTF 2023, atlet Indonesia hanya mampu menembus semifinal yaitu Fajar/Rian dan Jonatan Christie.

Baca juga:14 Wakil Indonesia Diturunkan di Malaysia Open 2024

Fajar/Rian mengawali tahun 2023 menjadi ganda putra nomor 1 dunia. Mereka sebagai yang terbaik setelah menjuarai 4 titel berbeda sepanjang 2022.

Keduanya mempertahankan peringkat itu hingga Oktober 2023. Kini, Fajar/Rian masih merupakan ganda putra terbaik Indonesia yang menempati posisi 6 peringkat dunia.

Duet Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo sah berpisah dan mempunyai tandem masing-masing. Pasca absen cukup lama dampak cedera yang dialami Marcus, Kevin setuju berpisah dan membuka lembaran baru.

Marcus diduetkan dengan Muhammad Rayhan Nur Fadillah dan melakoni debut di Syed Modi 2023. Sementara Kevin join dengan Rahmat Hidayat menjalani debut di Korea Masters 2023.

Baca juga:Cek Turnamen Bulu Tangkis di Januari 2024

Diketahui Marcus dan Kevin berduet sejak tahun 2015 lalu. Selama 8 tahun, pasangan berjuluk The Minions itu memenangkan sejumlah gelar bergengsi hingga memecahkan rekor menjadi ganda putra terlama yang menempati ranking 1 BWF.

Menyongsong BWF WTF 2023, Indonesia mempunyai 6 wakil yang bersaing di sektor tunggal putra dan putri, serta ganda putra dan putri. Indonesia hanya tak berhasil menempatkan utusan di ganda campuran.

Dari keenam wakil itu, hanya 2 yang lolos. Fajar/Rian sukses keluar dari babak grup ganda putra dan Jonatan dapat menembus fase grup, walaupun langkah keduanya berhenti di babak semifinal. (mtrtv/hm16)

Related Articles

Latest Articles