7.4 C
New York
Thursday, April 25, 2024

Pemilik F1 Liberty Media Akan Segera Ambil Alih MotoGP

London, MISTAR.ID

Liberty Media, pemilik Formula One yang berbasis di Amerika diperkirakan akan segera mengumumkan pengambilalihan perusahaan induk MotoGP dalam beberapa hari ke depan.

Seperti dilaporkan Sky News, Minggu (1/4/24), Liberty Media telah mengambil alih saham senilai lebih dari 4 miliar euro (± Rp68,58 triliun).

Broadcaster tersebut mengatakan bahwa Chief Executive Officer Liberty, Greg Maffei, bisa mengonfirmasi kesepakatan tersebut secepatnya, bahkan pada hari Senin selama kunjungannya ke Madrid.

Baca juga: Terjerat Kasus Taruhan, 8 Pemain Bulu Tangkis Indonesia Dihukum Berat

Liberty dan pemegang hak komersial MotoGP berbasis di Spanyol, Dorna Sports, yang sekitar 40% dimiliki oleh perusahaan investasi swasta Inggris Bridgepoint Group, hingga saat ini belum memberikan komentar.

Pekan lalu, Financial Times melaporkan, bahwa Liberty, yang dipimpin miliarder telekomunikasi John Malone, sedang dalam pembicaraan eksklusif dengan Bridgepoint untuk membeli Dorna dan menyatukan seri roda empat dan dua.

Dorna, di bawah kepemimpinan CEO yang berpengalaman, Carmelo Ezpeleta, juga mempromosikan Kejuaraan Superbike Dunia dan MotoE yang sepenuhnya listrik.

Baca juga: NOC Indonesia Jajaki Peluang Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade

Pengambilalihan tersebut bisa menarik perhatian otoritas pengawas. CVC Capital Partners, yang menjual Formula One kepada Liberty pada tahun 2017, mendapat persetujuan dari Komisi Eropa untuk membeli F1 pada tahun 2006 dengan syarat mereka menjual Dorna.

Canada Pension Plan Investment Board (CPPIB) membeli 39% saham Dorna dari Bridgepoint pada tahun 2012. Saham yang tersisa dimiliki oleh manajemen Dorna. (Mtr/hm22)

Related Articles

Latest Articles