19 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

Pembalap Dilano van’t Hoff Meninggal Dunia

Belgia, MISTAR.ID

Pembalap berkebangsaan Belanda, Dilano van’t Hoff, meninggal dunia akibat kecelakaan saat balapan di Spa-Francorchamps, Belgia, Minggu (2/7/23). Kecelakaan tersebut terjadi pada putaran kedelapan Formula Regional European Championship.

Dilano yang berusia 18 tahun mengalami cedera serius dan tak bisa diselamatkan. Kejadian bermula saat setelah Tim Tramnitz yang berada di posisi kedua kehilangan kendali dan menabrak pembatas di sisi kiri lintasan.

Kemudian mobilnya meluncur ke arah Raidillon. Kecelakaan tersebut memicu tabrakan lain yang melibatkan Dilano van’t Hoff. Mobil yang dikendarainya berputar beberapa kali dan akhirnya ditabrak dengan kekuatan penuh oleh pesaingnya.

Video yang beredar di media sosial menunjukkan betapa parahnya insiden yang dialami oleh Dilano. Mobilnya hancur dan beberapa bagian terlihat terlempar. Saat insiden terjadi, kondisi cuaca sedang hujan.

Baca juga: Pembalap Ferrari Ini Patah Semangat Tak Rebut Pole di Kualifikasi GP Austria

Insiden ini diklaim mirip dengan kecelakaan balapan Formula 2 yang menewaskan Anthoine Hubert pada 31 Agustus 2019. Tim Dilano, MP Motorsport menyatakan rasa duka cita mendalam.

“Kami mengonfirmasi pembalap kami meninggal dunia setelah kecelakaan serius. Kami sangat terpukul. Salah satu bakat balap besar dari Belanda telah meninggalkan kami. Dilano selalu memberikan semangatnya sejak tahun 2021,” kata perwakilan MP Motorsport, Senin (3/7/23).

Sebagai informasi, Dilano van’t Hoff memulai karir balapnya pada usia 11 tahun. Pada tahun 2021, ia mengikuti balapan mobil Formula 4 di Uni Emirat Arab dan berhasil menempati posisi kedua di balapan musim tersebut.

Di tahun yang sama, Dilano van’t Hoff menjadi juara di Formula 4 Spanyol bersama dengan MP Motorsport. Pada tahun 2022, Dilano berkompetisi untuk Formula Regional Asia dan Eropa. Ia menempati posisi ke-13 di Asia dan ke-19 di Eropa.

Baca juga: Pembalap Formula E Bersihkan Sampah di Pantai Ancol

Tewasnya Dilano turut menjadi perhatian bagi penggiat di Formula 1. Perwakilan Formula 1 menyampaikan pernyataan bela sungkawa.

“Kami sangat sedih kehilangan Dilano van’t Hoff. Dia sedang mengejar mimpinya untuk masuk ke kelas premier. Kami dengan seluruh komunitas pecinta motorsport dunia turut berduka,” kata CEO F1 Stefano Domenicalli. (mtr/hm20)

Related Articles

Latest Articles