13.4 C
New York
Monday, May 20, 2024

Juara Porkab Simalungun 2023, Kecamatan Purba Raih 13 Emas, 9 Perak dan 6 Perunggu

Simalungun, MISTAR.ID

Perhelatan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Tahun 2023 Kabupaten Simalungun, resmi berakhir, dimana Kecamatan Purba sebagai juara 1 umum dengan meraih 13 emas, 9 perak dan 6 perunggu.

Porkab digelar sejak tanggal 11 hingga 18 November 2023 di Lapangan Koramil Model, Jalan Asahan, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun itu pun resmi ditutup.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Simalungun, Saihorasman Saragih mengucapkan terima kasih kepada Pemkab setempat memberikan dukungan atas terselenggaranya Porkab  2023. Disebutkan, saat ini juga olahraga Simalungun berada di peringkat 8 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Baca juga:Porkab Simalungun, Wabup: Momentum Atlet Menunjukkan Bakat dan Kemampuan

“Prestasi Simalungun di bidang olahraga pada tahun 2016 sumbangkan medali emas pada cabor (cabang olahraga) Wushu Sanda. Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 lalu, Wushu Sanda menyumbang 1 emas dan 1 perak. Di SEA Games meraih 2 emas melalui balap sepeda dan mendapatkan juara 2 dunia pada kelas wanita,” jelas Saihorasman, pada Sabtu (18/11/23).

Wakil Bupati, Zonny Waldi mengucapkan selamat kepada para atlet yang berprestasi pada Porkab 2023. Menurutnya, Pemkab Simalungun mengapresiasi serta memberikan dukungan kepada seluruh pengurus yang mengikuti Porkab tersebut.

“Ini dapat menjadi sarana adu bakat dan prestasi para atlet  di Kabupaten Simalungun. Semoga Porkab bisa diadakan setiap tahunnya,” ujarnya.

Zonny juga menyampaikan, Pemkab Simalungun berkomitmen akan memajukan olahraga di daerah itu. Untuk itu, kepada para Camat tetap berkolaborasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) membina anak-anak berprestasi di bidang olahraga.

Baca juga:Belum Diketahui Penyebab Porkab Simalungun 2023 Diundur Hingga November

“Kepada atlet yang menang jangan berpuas hati, tetap bersyukur dan berlatih. Dan kepada atlet yang belum berprestasi agar tetap semangat. Jadilah patriot olahraga yang disiplin dan tetap jauhi narkoba,” ujarnya.

Adapun hasil klasemen peroleh medali mempertandingkan cabor atletik, bola voli, bola kaki, bulu tangkis dan catur, Kecamatan Purba sebagai juara 1.

Disusul Kecamatan Bandar Huluan sebagai juara 2 dengan meraih 3 emas. Berikutnya Kecamatan Raya menjadi juara 3 dengan raihan 2 emas, 3 perak dan 4 perunggu. Serta Kecamatan Silou Kahean sebagai juara 4 yang mendapatkan 1 emas, 4 perak dan 5 perunggu. (hamzah/hm16)

 

 

Related Articles

Latest Articles