26.8 C
New York
Friday, June 21, 2024

Hari Lari Sedunia Dirayakan Pada Rabu Pertama Juni

Jakarta, MISTAR.ID

Hari Lari Sedunia merupakan peringatan olahraga lari yang dirayakan setiap hari Rabu pertama di bulan Juni. Berarti, tahun ini diperingat pada 5 Juni 2024. Sedangkan tahun lalu pada 7 Juni. Perayaan ini pertama kali muncul di Amerika Serikat pada tahun 2009 sebagai Hari Lari Nasional.

Seiring waktu, perayaan ini mendapat dukungan global dan pada akhirnya, Hari Lari Sedunia pertama kali dirayakan pada 1 Juni 2016. Menurut Global Running Day, Hari Lari Sedunia bertujuan untuk mendorong semua orang dengan berbagai usia terus bergerak.

“Juga mengingatkan masyarakat akan manfaat positif lari bagi kesehatan fisik dan mental, serta memperkuat persatuan,” tulis Global Running Day.

Olahraga lari menawarkan banyak manfaat, mulai dari memperkuat otot hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berlari setiap hari, bahkan dengan jarak pendek, dapat membantu mengurangi gejala kecemasan dan stress, serta meningkatkan suasana hati.

Baca juga: 5 Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan Tulang dan Sendi

Sebagai bentuk perayaan Hari Lari Sedunia 2024, New York Road Runner (NYRR) mengajak masyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti Virtual NYRR Global Running 5K. Aksi ini berlangsung mulai dari 1 hingga 9 Juni 2024 dan diharapkan akan diikuti oleh ribuan pelari dari seluruh dunia. Hasil perlombaan akan diumumkan di dasbor NYRR, pada Kamis (13/6/24).

Secara rinci, berikut manfaat olahraga lari:

Mencegah Penyakit Jantung

Sebuah penelitian selama 15 tahun dengan lebih dari 50.000 peserta menemukan bahwa berlari setidaknya lima hingga sepuluh menit sehari, bahkan dengan kecepatan rendah, mengurangi risiko penyakit jantung hingga 45 persen.

Mengontrol gula darah

Berlari dapat menurunkan gula darah dengan membuat sel otot lebih sensitif terhadap insulin. Ini membantu gula berpindah ke sel otot untuk disimpan.

Baca juga: 8 Manfaat Olahraga di Pagi Hari yang Wajib Anda Ketahui

Mengurangi Risiko Katarak

Sebuah penelitian menemukan bahwa jalan kaki dengan kecepatan sedang dan lari berat sama-sama mengurangi risiko katarak, dan lebih banyak olahraga secara langsung menghasilkan risiko yang lebih rendah.

Mencegah Masalah Lutut

Analisis terhadap 28 penelitian menemukan bukti bahwa olahraga lari dapat membuat lutut lebih kuat. Bukan sebaliknya, seperti rumor yang ada di masyarakat selama ini.

Menurunkan Berat Badan

Berlari jadi cara baik untuk membakar lebih banyak kalori dibandingkan dengan jenis olahraga lainnya karena memerlukan kerja banyak otot berbeda di waktu yang sama. (mtr/hm20)

Related Articles

Latest Articles