18.8 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Dampak Pemilu 2024, Formula E di Jakarta Batal Digelar

Jakarta, MISTAR.ID

Formula E Jakarta yang sempat masuk kalender balap musim kesepuluh pada tahun 2024 terpaksa dihapus karena jadwalnya bersamaan dengan masa Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Rencana sebelumnya, balapan Formula E 2024 dijadwalkan berlangsung pada 8 Juni 2024 di Sirkuit Ancol. Namun pihak Formula E ABB FIA memutuskan pembatalan balapan karena Indonesia tengah disibukkan dengan pesta demokrasi.

“Acara yang direncanakan di Jakarta hari Sabtu, 8 Juni, tidak akan dilanjutkan setelah pengumuman masa kampanye dalam pemilihan presiden Indonesia selama sebagian besar bulan Juni,” tulis pihak Formula E sebagaimana dikutip pada Jumat (20/10/23).

Baca juga:126 Tenaga Kesehatan di Batu Bara Cari Formula untuk Penguatan Mutu Puskesmas

Alasan lain yang disampaikan pihak Formula E ABB FIA adalah Pemilu diyakini berdampak pada logistik pengiriman balapan di jalan-jalan ibu kota.

Formula E menyebutkan bahwa pihaknya dan pejabat berwenang di Jakarta sedang menjajaki kelayakan balapan di kota pada tanggal alternatif.

Formula E 2024 akan dibuka dengan balapan di Mexico City, Meksiko, pada 13 Januari. Sebanyak 14 balapan musim akan berlangusng dan seri penutup akan digelar di London, Inggris, pada 21 Juli mendatang.

Baca juga:Pembalap Formula E Bersihkan Sampah di Pantai Ancol

“Formula E sendiri akan memimpin motorsport global musim depan sebagai satu-satunya kejuaraan dunia yang berlomba di tiga pasar terbesar China, India, dan Amerika Serikat,” ujar CEO Formula E Jeff Dodds.

Jeff Dodds menjelaskan, pihaknya telah membangun kalender yang berpotensi melibatkan miliaran orang dalam masa depan motorsport yang menarik dan menghibur dan itu bersama dengan debut di sirkuit Tokyo dan balapan sirkuit lainnya seperti Jerman, Arab Saudi, Brasil, dan Inggris,

Jakarta sendiri sudah dua kali menggelar balapan Formula E pada 2022 dan 2023. Pada musim 2023, Jakarta menggelar dua balapan sekaligus pada 3-4 Juni lalu.(cnn/hm17)

Related Articles

Latest Articles