13.7 C
New York
Saturday, May 4, 2024

126 Tenaga Kesehatan di Batu Bara Cari Formula untuk Penguatan Mutu Puskesmas

Batu Bara, MISTAR.ID

Sebanyak 126 tenaga kesehatan yang terdiri dari Tim Mutu Puskesmas (Kepala Puskesmas/Ka. Tata Usaha, Ketua Mutu, PJ Mutu/Bab V, PJ UKP, PJ.UKM, dan Koordinator KP/PPI, bersiap untuk meningkatkan kualitas sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dengan mengikuti workshop yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) Kabupaten Batu Bara, Kamis-Jumat (20-21/7/23) di aula Buffet Mangga di Sei Suka.

Selain itu, terlibat pula Koordinator Audit Internal/PJ Admin dan Koordinator K3/Staf Sesuai Kebijakan & Kebutuhan Puskesmas) dari 15 Puskesmas, perwakilan dari Klinik, Tempat Praktik Mandiri Dokter/Dokter Gigi beserta Tim Pendamping dan Pembina Puskesmas juga turut ikut dalam kegiatan.

Plt Ka. Dinkes PPKB Kabupaten Batu Bara dr Deni Syahputra mengatakan kegiatan penguatan mutu Puskesmas dilakukan dengan metode pertemuan tatap muka, paparan materi oleh narasumber, diskusi, tanya jawab dan sharing.

Baca juga: Batu Bara Launching Aplikasi Mutiara Untuk Cegah Stunting

“Sedangkan bahasan dalam kegiatan ini yaitu Overview Standar Akreditasi Puskesmas dan Evaluasi Upaya Peningkatan Mutu. Serta, Persiapan Re-Akreditasi Puskesmas di Kabupaten Batu Bara. Tak lupa Peningkatan Kapasitas Kepemimpinan Manajerial Puskesmas Berbasis Akreditasi,” kata dr Deni.

Lanjutnya, pembahasan juga menyangkut Pengenalan Program Prioritas Nasional dan Bimbingan Teknis Pengisian Indikator Nasional Mutu di Puskesmas.

“Kita juga membahas penerapan praktis peningkatan mutu puskesmas berbasis akreditasi atau peningkatan mutu berkesinambungan. Selain itu juga dibahas manajemen risiko dan sasaran keselamatan pasien,” tambahnya.

Sedangkan bimbingan teknis pelaporan insiden keselamatan pasien dan pengembangan budaya keselamatan, juga berbagai indikator terkait mutu atau akreditasi puskesmas, kata dr Deni, tak terlepas dari peningkatan kualitas mutu.

Baca juga: 279 Jemaah Haji Asal Batu Bara Kembali

Ia berharap kegiatan ini benar-benar dapat menciptakan formula untuk meningkatkan mutu puskesmas di wilayah Batu Bara bisa menjadi FKTP.

“Saya berharap setelah kegiatan yang digelar hari ini dan besok akan diperoleh formula untuk menguatkan mutu Puskesmas dan klinik sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama,”, harapnya. (Ebson/hm20)

Related Articles

Latest Articles