27.2 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Waspada Hujan Disertai Angin dan Petir di Pantai Barat Sumut

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan mengeluarkan imbauan kepada masyarakat untuk tetap mewaspadai hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang dan badai petir.

“Kondisi ini berpotensi terjadi di wilayah Lereng Barat dan Pantai Barat Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir dan longsor,” ujar Prakirawan BMKG wilayah I Medan Aryo Prasetyo Mulyo, Senin (27/3/23).

Aryo mengatakan, pagi hari wilayah Sumatera Utara (Sumut) cerah berawan. Siang dan sore hari berawan, namun berpeluang hujan ringan hingga sedang di Toba, Samosir, Taput, Tapteng, Tapsel dan Padangsidimpuan.

Baca Juga:BMKG: Sebagian Kota Besar Diprakirakan Hujan Ringan

Malam hari juga berawan, tapi hujan ringan hingga sedang masih berpeluang terjadi di beberapa daerah 0seperti Labuhanbatu, Mandailing Natal (Madina) dan Kepulauan Nias. “Dini hari nanti hampir seluruh wilayah di Sumut akan berawan,” ucapnya.

Aryo menyebutkan, suhu udara Sumut hari ini berada pada kisaran 18.0 – 33.0⁰C. Kelembaban udara 65 – 98%, sementara angin yang bertiup dari Timur Laut ke Tenggara berkekuatan 10 – 30 Km/Jam. “Tidak ada titik panas (hotspot) yang terdeteksi hari ini,” pungkasnya.(ial/hm15)

Related Articles

Latest Articles