9.3 C
New York
Sunday, May 12, 2024

Vaksinasi di Sumut Capai 70,8%, Gubsu Imbau Waspadai Omicron

Medan, MISTAR.ID

Kesiapan menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) telah di rencanakan dari mulai awal Desember 2021. Berbagai rapat dan sosialisasi juga telah dikeluarkan oleh Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi. Dikatakannya, tingkat vaksinasi di Provinsi Sumut telah mencapai 70,8 persen.

“Begitu juga dengan edukasi yang telah kita berikan kepada masyarakat terkhusus di masa pandemi Covid-19. Ditambah ada varian baru Omicron yang harus kita antisipasi. Apalagi telah terdeteksi di Indonesia maka kita harus hati-hati. Ini varian canggih maka waspadai gunakan masker, jangan lepaskan. Maka pertama, protokol kesehatan perketat dan ikut vaksinasi. Ini harus didukung semua pihak,” tegas Edy, Senin (20/12/21) sebelum berangkat meninjau bencana banjir di Kabupaten Mandailing Natal (Madina).

Kedua, lanjut Edy, menjelang liburan ini juga ada pembatasan-pembatasan yang menjadi keharusan. Bila kegiatan tersebut tidak terlalu penting maka harus menahan diri dengan kondisi pandemi.

Baca juga: 9 Daerah di Sumut Akan Jalani Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun

“Ketiga kita akan melakukan kegiatan menjelang tanggal 23 Desember nanti terkait gelar pasukan. Sebab menjelang akhir tahun atau Natal dan Tahun Baru ini tinggi mobilitas biasanya ada kecelakaan lalu lintas,” sebutnya.

Terakhir, diungkapkannya vaksinasi di Provinsi Sumut telah mencapai 70,8 persen. Memang disebutkannya ada kabupaten yang belum mencapai target yakni masi di bawah 70%. “Ada 13 kabupaten/kota yang di bawah 70% dan ada 3 kabupaten yang masih di bawah 60%. Akhir tahun ini dikejar dan harus 70% hal ini untuk mengantisipasi Covid-19,” pungkasnya. (anita/hm09)

Related Articles

Latest Articles