32.1 C
New York
Thursday, July 18, 2024

Ini Tips dan Trik Kesehatan dari PDUI Sumut untuk Jemaah Haji

Medan, MISTAR.ID

Jemaah Calon Haji (JCH) 1445 Hijriah/2024 yang akan berangkat ke Tanah Suci diminta untuk menjaga selalu kesehatannya. Sebab hampir 90% pelaksanaan kegiatan ini dilakukan secara fisik.

Untuk itu, sejumlah tips dan trik kesehatan dari Persatuan Dokter Umum Indonesia (PDUI) Cabang Provinsi Sumatera Utara (Sumut) ini bisa dijalankan.

Disebutkan Ketua PDUI Cabang Sumut, Rudi Rahmadsyah sebelum berangkat Haji, jemaah bisa konsultasikan penyakit dengan dokter. Siapkan pula obat-obatan yang rutin dimakan/diminum untuk 40 hari selama di Arab Saudi.

Baca juga : Jemaah Kloter 1 Asal Asahan Masuk Asrama Haji, Usia Tertua 94 Tahun

“Terutama bagi bapak/ibu yang mempunyai riwayat penyakit tertentu seperti hipertensi (darah tinggi), diabetes (gula) dan jantung. Konsultasi ke dokter spesialis nya masing-masing sampai kan ke dokter nya bahwa dalam waktu dekat mau ibadah Haji sehingga mohon bantu lebihkan obatnya agar stok obat aman. Serta Penyakit lainnya yang sudah diderita diri sendiri. Bisa juga melapor ke Puskesmas terdekat dan bisa juga ke petugas kesehatan di Embarkasi (Asrama Haji Medan) sehingga tercatat obat apa saja yang dibutuhkan jemaah” terang Rudi, Minggu (12/5/24).

Di Tanah air dan di Tanah Suci, lanjutnya, disarankan untuk menggunakan masker. Hindari matahari langsung, dengan memakai payung dan kacamata gelap (sunglasses). Serta cuci lubang hidung agar mengurangi keluar darah dari hidung (mimisan).

“Kalau bisa pakai air dingin itupun kalau ada,  air biasa juga bisa, dan sering-sering menyemprot kepala, wajah, dan kulit dengan air atau air zam-zam. Pakailah pelembab bibir dan pelembab kulit. Jadi jangan lupa bawa cream buat bibir supaya gak pecah pecah bibir dan cream buat telapak kaki juga saran stok masing-masing jemaah. Dan, sering-sering minum air putih atau air zam-zam,” jelasnya.

Related Articles

Latest Articles