13.6 C
New York
Thursday, May 2, 2024

Urus Ijin Industri Rumah Tangga di Taput Gratis

Taput, MISTAR.ID

Bupati Taput Nikson Nababan bersama istrinya Satika Simamora selaku Ketua Dekranasda, menerima 40 orang pelaku UMKM Tapanuli Utara di ‘Sopo Rakyat’ kanopi Rumah Dinas Bupati, Tarutung, (13/08/20).

Adapun kegiatan yang dilakukan adalah untuk mengembangkan dan memajukan serta kendala apa yang dihadapi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Taput.

Nikson Simamora dan Satika Simamora mendengar masukan dan keluhan para pelaku UMKM. Mulai dari berprofesi petenun, penjahit, kerajinan aksesoris dan sejumlah usaha kuliner.

Kehadiran mereka didampingi Kadis Koperasi dan UMKM Marco Panggabean, Kadis Perijinan Anas Siagian. Juga terlihat Kadis Kesehatan Alexander Gultom dan Kepala Badan Kesbangpol Hendrik Surbakti.

Baca juga: Melalui Rumah Pembibitan Masyarakat Adat, Bupati Taput Ingin Kembalikan Kejayaan Petani Kemenyan

“Semua pelaku UMKM Tapanuli Utara harus bersatu dalam satu asosiasi, sehingga memudahkan pemerintah menentukan regulasi dan mendukung peningkatan usaha, termasuk upaya pengembangan sebagai salah satu pusat oleh-oleh Tapanuli Utara. Asosiasi yang dibentuk, tidak perlu eksklusif agar tidak terjadi pengkotakan. Semua usaha harus terlibat dalam kepengurusan,” kata Bupati.

Salah satu bentuk perhatian kepada UMKM sebut Nikson Nababan, pihaknya sedang mempersiapkan suatu aplikasi online untuk mendukung pemasaran UMKM Tapanuli Utara. Dengan adanya data lengkap, akan memudahkan untuk membuat suatu kebijakan dan regulasi.

“Pengurusan ijin usaha industri rumah tangga di Tapanuli Utara digratiskan (tidak dipungut biaya). Kita siap memfasilitasi pengurusan ijin di luar wewenang Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara,” terangnya.

Bupati juga berjanji, Pemda akan mengupayakan agar pasar-pasar modern di Tapanuli Utara turut memasarkan produk UMKM.

Baca juga: Bupati Taput Sidak ke Dinas Perizinan

“Tantangan saat ini memang berat, tapi kita harus siap menghadapinya. Tetap semangat dalam berusaha. Saya berharap seluruhnya mampu kerjasama dan saling mendukung. Yang paling utama kreatifitas, sehingga UMKM maju dan perekonomian mampu bangkit kembali,” tandas bupati.

Ketua Dekranasda Satika Simamora memberikan semangat dan mengungkapkan strategi dalam peningkatan usaha.

“Kalau ingin maju, kita harus siap mengakui kekurangan kita masing-masing Kita harus belajar dari usaha yang sudah maju. Pertama-tama kita harus bisa menentukan apa tujuan usaha, apakah kita mengejar nama atau uang, sehingga kita bisa menentukan konsep pemasaran yang bagaimana yang akan menjadi pilihan terbaik,” kata Ketua Dekranasda.

Satika menambahkan, Bupati Taput bersama Dekranasda yang siap mendukung UMKM mestinya harus dilihat sebagai peluang.

Baca juga: Proyek Pelabuhan Muara Taput Berbiaya Rp37 Miliar Digugat Pemenang Tender

“Sebab kami (Bupati dan Ketua Dekranasda) melihat hasil produksi kita memiliki kualitas yang baik. Namun itu harus didukung dengan penampilan dan keramahan yang konsisten,” tutupnya.(Jan/hm07)

Related Articles

Latest Articles