13.9 C
New York
Monday, September 9, 2024

Tingkatkan Kesejahteraan Petani, Pemkab Samosir Bangun Screen House di KPT Tele

Samosir, MISTAR.ID

Dalam meningkatkan produktivitas hasil pertanian dan taraf hidup petani di Kawasan Pertanian Terpadu (KPT) Tele, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir membangun screen house buah dan sayur.

Pembangunan screen house buah dan sayur di KPT Tele ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Samosir Vandiko Gultom, di lokasi KPT Tele, Desa Hariara Pintu, Kecamatan Harian, Senin (9/9/24).

Kepala Dinas Ketapang dan Pertanian, Tumiur Gultom mengatakan, pembangunan screen house bertujuan untuk mempersiapkan pemenuhan kebutuhan bibit di KPT Tele.

Dikatakannya, selain pembangunan screen house, juga akan dibangun jalan usaha tani dan agrowisata strowbery oleh pemerintah pusat untuk meningkatkan kesejahteraan petani. “Kegiatan di kawasan pertanian terpadu akan berjalan terus, semua ada prosesnya,” katanya.

Tumiur mengungkapkan bahwa bangunan screen house akan dikelola oleh kelompok tani Saut Tani dan Maju Tani untuk memenuhi kecukupan bibit di Kabupaten Samosir dan luar Kabupaten Samosir yang membutuhkan bibit kentang.

Bupati Samosir Vandiko Gultom menyebutkan, keberadaan screen house akan menghasilkan bibit kentang untuk kebutuhan KPT Tele dan memenuhi kebutuhan bibit kentang se-Kabupaten Samosir dan luar Kabupaten.

Baca Juga : Pemkab Samosir Terima Bantuan Bibit Tanaman Pemprov Sumut

Dalam kesempatan tersebut, Vandiko mengajak para petani untuk bekerja sama dalam menyukseskan program pemerintah di bidang pertanian dan mengikuti anjuran pemerintah untuk peningkatan hasil pertanian dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani Kabupaten Samosir.

“Semuanya untuk kesejahteraan petani, perlu tahap demi tahap karena anggaran yang dibutuhkan cukup besar,” ujarnya.

Dikatakannya, Pemkab Samosir terus menjalin sinergitas dengan pemerintah atasan terutama Kementerian Pertanian untuk mendapatkan bantuan di bidang pertanian.

“Sudah begitu banyak bantuan yang diberikan mulai dari bibit kentang, cabe, kopi, bawang merah, alat pertanian dan juga sumur. Hari ini pembangunan screen house, anggaran dari Kementan,” ungkapnya.

Ketua Kelompok Tani Saut Tani, Sahala Situmorang, mengucapkan terima kasih atas berbagai bantuan yang diberikan oleh pemerintah dalam mendukung pertanian di Hariara Pintu, Kecamatan Harian. (josner/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles