10 C
New York
Saturday, May 4, 2024

Tekun Menanam Sayuran, Warga Parsuratan Terima Penghargaan pada Peringatan Hari Kartini

Toba/Mistar

Selalu tekun memanfaatkan pekarangan rumahnya bertanam sayuran, Lusiana Silalahi, wanita paruh baya warga Desa Parsuratan Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, menerima penghargaan pada puncak peringatan ke-144 Hari Kartini tahun 2022.

Lusiana bersama 514 perempuan Indonesia lainnya yang berjasa dan berprestasi dalam berbagai bidang di kabupaten/kota. Penilaian dilakukan oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE-KIM).

Lusiana Silalahi yang juga Ketua Pokja III PKK Desa Parsuratan, Jumat (22/4/22), mengakui bahwa penghargaan yang diterimanya bermula dari menanam berbagai tanaman di pekarangan rumahnya. Dia menyebut, memanfaatkan pekarangan rumah dengan bertanam beragam sayuran bersama anggota Pokja PKK lainnya, sangat mengasyikkan dan memperoleh banyak manfaat.

Baca Juga:Tokoh Perempuan Asahan Terima Penghargaan di Hari Kartini

Hal itu juga tak lepas dari dukungan Pemerintahan Desa Parsuratan, Dinas PMDP-PA dan TP PKK Kabupaten Toba, yang selalu menginspirasi mereka untuk dapat mengimplementasikan program “Hatinya PKK”. “Yakni Halaman, Teratur, Indah dan Nyaman di lingkungan masing-masing dalam mewujudkan kesehatan jasmani dan ekonomi seisi rumah tangga,” ujar Lusiana.

Dia menambahkan, selalu rutin memanfaatkan pekarangan dengan bertanam berbagai sayuran untuk kebutuhan keluarga. “Bahkan disamping itu, hasil tanaman juga dapat dijual, untuk menambah penghasilan dalam upaya pemulihan ekonomi di masa pandemi saat ini,” sambungnya  sembari menunjukkan tanaman kangkung, jagung, sawi dan cabai di pekarangan rumahnya.

Kepala Desa Parsuratan, Sumartin Simanjuntak sangat mengapresiasi ketekunan warganya tersebut. Hal ini merupakan wujud gerakan tarhilala (lumayan) yang digaungkan oleh Pemkab Toba, melalui pemanfaatan lahan yang sedikit, namun membawa manfaat yang cukup lumayan.

Baca Juga:Hari Kartini, Wanita Berprestasi Asal Samosir Terima Penghargaan

Dimana selain untuk dikonsumsi, hasil tanaman juga dapat dijual. “Kan lumayan menambah penghasilan,” ujar Sumartin seraya berharap warga desa lainnya dapat termotivasi dengan apa yang dilakukan Lusiana.

Terpisah, Bupati Toba Poltak Sitorus dan Ketua TP PKK Toba Rita Marlina Sitinjak yang turut hadir mendampingi Lusiana Silalahi saat menerima penghargaan di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumdis Gubsu, sangat berbangga hati atas raihan prestasi yang ditorehkan Lusiana.

Pemkab Toba akan terus mendorong upaya pemulihan ekonomi oleh setiap warga di berbagai sektor. “Oleh karenanya mari terus bekerja keras dan memanfaatkan setiap kesempatan dalam upaya berusaha untuk menghidupkan ekonomi,” kata Poltak Sitorus.(james/hm15)

Related Articles

Latest Articles