19.5 C
New York
Tuesday, May 7, 2024

Tekonfirmasi Covid-19, Istri Bupati Humbahas Masih Dalam Perawatan

Humbahas, MISTAR.ID

Beredar informasi yang menyebut, istri Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, Lidya Kristina Panjaitan dikabarkan masih dalam perawatan pihak medis di Dolok Sanggul. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Humbang Hasundutan (Humbahas) menampik isu tengah dirawat di Dolok Sanggul. Dan memastikan informasi itu tidak benar.

“Tidak, posisi ibu dirawat dirumah sakit di Medan,” kata Kepala Dinas Kominfo Hotman Hutasoit, Minggu (6/12/20) melalui sambungan selluler.

Hotman mengungkapkan, bahwa sampai saat ini kondisi istri Bupati, Lidya Kristina Panjaitan yang terpapar Covid-19 hasil pemeriksaan swab pada 28 November lalu sudah mulai membaik.

Bahkan, istri Bupati akan dilakukan kedua kalinya pemeriksaan swab. Dan jika negatif, Lidya akan pulang ke Dolok Sanggul melakukan aktifitas seperti biasanya.

Baca juga: Terkonfirmasi Positif Covid-19 Humbahas Capai 9 Orang

“Kondisi ibu dalam keadaan baik di Medan. Kemungkinan besok atau Selasa akan diswab, jika hasilnya bagus ibu bisa pulang,” ucap Hotman.

Namun kabar baik itu, Hotman tidak dapat menyebutkan identitas rumah sakit dimana Lidya dirawat. “Kalau rumah sakitnya dimana ibu itu dirawat, sampai sekarang belum dapatku datanya,” ungkap Hotman.

Sebelumnya, beredar informasi bahwa istri Bupati Humbang Hasundutan, Lidya Kristina Panjaitan sudah dirawat di Dolok Sanggul. Kabar tersebut beredar luas di media sosial jejaring Facebook.

Diberitakan sebelumnya, istri Bupati Humbang Hasundutan, Lidya Kristina Panjaitan terkonfirmasi Covid 19.

Baca juga: Istri Bupati Humbahas Terpapar Covid-19

Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Hotman Hutasoit, Senin (30/11/20) lalu menjelaskan, Lidya sebelumnya tidak memiliki riwayat perjalanan keluar daerah. Namun, Lidya pada tanggal 25 November 2029 lalu, merasakan demam, nyeri kepala dan mual. “Dan pada saat itu juga, ibu Bupati dilakukan rapid tes dan hasilnya non reaktif,” sebut Hotman.

Selanjutnya, Lidya diberikan obat demam dan mual. Namun, pada 27 November 2020 lalu, Lidya masih merasakan sakit tersebut, dan pada 28 November 2020 Lidya dilakukan pengambilan swab di RSUD Dolok Sanggul.

“Dan dari hasil swab RT-PCR pada 28 Agustus dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Setelah diketahui hasil swab, ibu Bupati dirujuk ke salah satu rumah sakit di Medan,” ungkap Kepala Dinas Kominfo ini tanpa mau menyebut nama rumah sakit.

Lebih lanjut Hotman mengatakan, usai diketahui pasien ini terkonfirmasi Covid-19, pihak satgas penanganan Covid-19 selanjutnya melakukan tracing terhadap Bupati Dosmar Banjarnahor selaku suami. “Hasil swab dari suaminya telah keluar pada hari itu juga dan hasilnya negatif,” ujar Hotman.

Baca juga: Video Viral Uang Fee Proyek, Diakui Kadis Perkim Humbahas

Ketika disinggung, Bupati Dosmar Banjarnahor yang dinyatakan hasil swab negatif, sesuai SOP apakah bersangkutan bisa melakukan kegiatan dalam ataupun luar daerah. Hotman tidak bisa menjawab. “Nanti ya bos, saya tanya dulu pihak rumah sakit,” ujar Hotman.

Ditambahkannya, pihak satgas penanganan Covid-19 juga sudah melakukan tracing terhadap yang kontak erat dengan Lidya, selain Dosmar. “Kita juga sudah melakukan tracing terhadap yang pernah kontak dengan ibu Lidya. Dan cuma, apakah sudah diswab dan apa hasilnya, saya tanya dulu ke RS,” tutupnya.

Sebelumnya, Hotman menuuturkan , bahwa hasil tracing yang dilakukan ke Lidya, Dinas Kesehatan dan pihak RS masih menelusuri , apakah karena kontak erat dari pasien Covid-19 atau karena orang tanpa gejala.

“Hasil tracing bahwa ibu (Lidya) tidak pernah keluar daerah, berarti dinas kesehatan dan RS masih menelusuri sehingga nanti bisa dipertanggungjawabkan dari mana tertular,” ungkap Hotman.(effendi/hm07)

Related Articles

Latest Articles