28.5 C
New York
Tuesday, June 18, 2024

Pemprov Sumut dan Pemko Tebing Tinggi Hadiri Haul ke-127 Wafatnya Datuk Bandar Kajum

Tebing Tinggi, MISTAR.ID

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) diwakili Kadis PMD dan Pencatatan Sipil, Parlindungan Pane beserta Pemko Tebing Tinggi diwakili Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tebing Tinggi, Kamlan Mursyid menghadiri peringatan haul tahun ke-127 Wafatnya Datuk Bandar Kajum.

Di mana Datuk Bandar Kajum merupakan pendiri Kota Tebing Tinggi. Kegiatan berlangsung di komplek pemakaman keluarga Datuk Bandar Kajum, Jalan Datuk Bandar Kajum, Kota Tebing Tinggi, Sabtu (8/6/24).

Kegiatan peringatan kali ini mengusung tema ‘Mempererat Ukhuwah dan Tali Persaudaraan, Untuk Menjaga dan Melestarikan Sejarah Tebing Tinggi’.

Baca juga:Wali Kota Ziarah Ke Makam Pendiri Kota Tebing Tinggi

Mengawali sambutannya, keluarga generasi kelima Datuk Bandar Kajum, Datuk Dhody Thahir menyampaikan, peringatan haul ini adalah sebuah agenda zuriat Datuk Bandar Kajum yang senantiasa akan terus dilaksanakan setiap tahunnya, walaupun sempat terhenti beberapa waktu belakangan.

“Selain untuk mendapat berkah dari Allah SWT dengan mendoakan para leluhur yang telah berpulang, juga sebagai momentum pemersatu masyarakat bersama seluruh unsur pemerintah untuk bersama-sama bergandengan tangan membangun Tebing Tinggi sebagai kota yang maju dan sejahtera,” ungkap Dhody.

Dalam kesempatan itu, Plt Sekda menuturkan, kegiatan haul ini untuk mengenang sejarah Datuk Bandar Kajum dapat menjaga kedaulatan dan menjunjung tinggi keadilan yang terbentang cukup jauh pada zaman dahulu hingga zaman sekarang.

Baca juga:Pj Sekda Pemko Tebing Tinggi Akui Harus Menyikapi Saran Mendagri

“Mari kita teladani sikap hidup beliau yang pemberani dan aktif untuk membangun Kota Tebing Tinggi dan dan memiliki jiwa korsa. Semoga Allah SWT merahmati kita dan selalu dalam lindungan Nya,” ucap Kamlan.

Sementara Parlindungan mengatakan, Pemprov Sumut mengucapkan apresiasi setinggi-tingginya atas terselenggara haul Datuk Bandar Kajum ke-127.

“Di tempat Datuk Bandar Kajum ini menelaah cikal bakal jadinya Kota Tebing Tinggi untuk mengingatkan kita kembali pada sejarah dan salah satu tokoh penting Kota Tebing Tinggi. Ini sekaligus diperjelas lagi identitas Kota Tebing Tinggi,” ucapnya.

Baca juga:Jamin Kebutuhan Pokok Aman di Lebaran, Pemko Tebing Tinggi Gelar Gerakan Pangan Murah

Parlindungan juga tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih atas terlaksananya peringatan haul tersebut.

“Semoga pelaksanaan ini menjadi ladang ibadah dan mengapresiasi Datuk Bandar Kajum dalam memajukan Kota Tebing Tinggi yang kita cintai ini. Semoga Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan petunjuk dalam upaya kita mensejahterakan Sumut, khususnya Kota Tebing Tinggi,” pungkasnya.

Kegiatan turut dihadiri Wali Kota Medan diwakili Asisten I, Datuk 4 suku Kesultanan Deli dari Medan yaitu Datuk Sunggal, Datuk Sepuluh Dua Kuta, Datuk Suka Piring dan Datuk Senembah, Datuk dari Serdang Bedagai (Sergai) yakni Datuk Khairul, Ketua Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (MABMI) Sumut, OK Sahidin, Akademi Universitas Sumatera Utara (USU), Wan Syaifuddin, Ketua DPRD Kota Tebing Tinggi, Basyaruddin Nasution dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). (nazli/hm16)

Related Articles

Latest Articles