27.6 C
New York
Friday, July 12, 2024

Idul Adha 1445 H, Warga Desa Dolok Merawan Kompak Sembelih 58 Hewan urban

Sergai, MISTAR.ID

Warga di Desa Dolok Merawan, Kecamatan Dolok Merawan, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), menyembelih 58 kompak hewan qurban,  Senin (17/6/24).

Tahun ini, Idul Adha di desa tersebut mengusung tema : Mari jadikan Idul Adha Menyambung Tali Silaturahmi, Melatih Kepekaan Empati, Mengikis Kebencian yang Ada di Hati, Idul Adha 1445 H/2024 M.

Kepala Desa Dolok Merawan Dedi Efendi dalam sambutannya di hadapan warga yang berqurban dan panitia menuturkan, para jemaah haji adalah tamu Allah yang telah dipanggil oleh allah SWT. Melaksanakan qurban merupakan kepekaan terhadap manusia.

Baca juga: Momen Idul Adha, Bupati Sergai: Berkurban Perkuat Rasa Solidaritas dan Peduli Sesama

“Meski kita belum dipanggil sebagai tamu allah untuk menjalankan ibadah haji, tapi kita masih bisa berbagi kepada sesama manusia untuk melakukan qurban. Dari qurban ini timbul kepekaan kita terhadap sesama manusia untuk terutama bagi yang kurang mampu. Mari kita tanamkan keikhlasan kita” Ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikannya, untuk Idul Adha 1445 H ini, jumlah hewan qurban di Desa Dolok Merawan mengalami peningkatan.

“Untuk Desa Dolok Merawan yang qurban lembu 32 ekor, kambing kurang lebih 26 ekor. Jadi ada peningkatan” tandasnya.

Baca juga: Warga Beringin Potong 12 Ekor Hewan Kurban

Adapun hewan qurban yang disembelih yakni, hewan sapi 32 ekor dan hewan kambing 26 ekor, masing-masing, Dusun 1, 6 ekor Sapi, 6 ekor kambing, Dusun ll, 6 ekor Sapi, 6 ekor kambing, Dusun lll, 7 ekor sapi, 6 ekor kambing, Dusun lV, 4 ekor sapi, 4 ekor kambing, Dusun V, 6 ekor sapi, 1 ekor kambing dan Dusun VI, 3 ekor sapi, 3 ekor kambing.

Penyembelihan hewan qurban tersebut dilaksanakan di masing masing Dusun dari Dusun 1 hingga Dusun VI.

Tampak hewan hewan qurban di Dusun 1 disembelih di lahan kosong milik Erizal MS yang disembelih oleh Nasron Lubis yang merupakan salah satu toko agama (toga) di kecamatan Dolok Merawan.

Untuk memudahkan pengambilan daging qurban, Panitia membagikan kupon kepada warga.

Baca juga: Salurkan 18 Hewan Kurban, Rahmat Shah Ajak Masyarakat Saling Berbagi

Sebelum penyembelihan hewan, ketua panitia penyembelihan hewan qurban, Tiani Siregar berterima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah ikut berqurban. Disampaikannya, meski dilaksanakan di Dusun 1, namun yang melakukan qurban warga dari luar Dusun 1.

“Mari jadikan Idul Adha menyambung tali silaturahmi kepekaan empati mengikis kebencian yang ada di hati kita masing-masing. Semoga ini menambah ketaqwaan kita kepada allah SWT seperti yang diajar oleh nabi Ibrahim As. Kami panitia kalau ada kekurangan kekurangan kami mohon maaf. Ke depan mari kita tetap berlomba-lomba untuk melakukan ibadah yang sebaik-baiknya” ungkapanya.

Untuk diketahui, Kecamatan Dolok Merawan yang terdiri dari 17 Desa tercatat menyembelih sapi 118 ekor dan kambing 74 ekor. (damanik/hm17)

Related Articles

Latest Articles