22.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

Taput Kembali Diguncang Gempa Tektonik 2,9 Magnitudo

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan mencatat, gempa bumi tektonik kembali mengguncang daerah Tapanuli Utara (Taput), Selasa (1/11/22) sekira pukul 02.15 WIB.

Hasil analisa BMKG menunjukkan, bahwa gempa bumi ini berkekuatan 2,9 Magnitudo. Episenter terletak pada koordinat 2.04 LU dan 98.91 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 6 km Barat Laut, Taput Sumatera Utara (Sumut) pada kedalaman 1 Km.

“Gempa ini masih termasuk dalam rangkaian gempa susulan dari gempa utama Taput berkekuatan 5,8 Magnitudo pada 1 Oktober 2022 lalu,” ujar Kepala BMKG wilayah I Medan Hendro Nugroho.

Baca Juga:Donasi Bencana Gempa Taput untuk Masa Transisi Masih Minim

Hendro mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi disebabkan oleh aktivitas Sesar Sumatera pada Segmen Renun.

Berdasarkan laporan masyarakat, gempa kali ini juga dirasakan di Sipoholon Taput dengan skala intensitas II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Baca Juga:PT STTC Bantu 2 Ton Beras untuk Korban Bencana Gempa Bumi di Taput

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ucapnya.

Hendro juga meminta masyarakat untuk memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi.(ial/hm10)

Related Articles

Latest Articles