14.7 C
New York
Friday, April 12, 2024

Rekapitulasi Hari ke-3 di PPK Siborongborong Hanya Dihadiri 8 Saksi Parpol

Taput, MISTAR.ID

Rekapitulasi perhitungan suara pemilu di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Siborongborong Tapanuli Utara hanya diikuti 8 saksi dari 16 partai politik (parpol). Sedangkan saksi dari calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) sama sekali tidak hadir.

“Hari ketiga rekapitulasi perhitungan suara pemilu, Senin (19/2/24) pukul 12.00 Wib, baru 18 TPS yang direkapitulasi dari 164 TPS di Kecamatan Sibotongborong. Selain itu dari 16 partai dalam rekapitulasi di PPK hanya di hadiri 8 saksi partai,” ujar T Pakpahan, salah seorang pegurus Partai Gerindra.

Baca juga: Percepat Rekapitulasi Suara, PPK Sidikalang Pasang 2 Panel Sirekap

Menurut Pakpahan, saksi yang hadir dalam rekapitulasi kebanyakan saksi caleg DPRD kabupaten, sedangkan caleg DPRD Provinsi dan DPR RI sangat minim.

Ia berharap para ketua parpol dan calon anggota DPD agar memberikan surat tugas sebagai saksi ke PPK yang ada di Kabupaten Tapanuli Utara dengan tujuan menghindari dugaan kecurangan kecurangan dalam rekapitulasi.

“Karena dalam rekapitulasi yang berkompeten adalah saksi yang direkomendasi oleh pehurus partai,” katanya.

Baca juga: Partai Golkar dan PDIP Masih Memimpin Suara di Sumut

Sementara itu, anggota PPK Kecamatan Siborongborong  Henri Hutasoit membenarkan di hari ketiga rekapitulasi pemilu tingkat PPK baru 18 TPS yang diselesaikan hingga pukul 13.00 Wib.

“Mudah-mudahan rekapitulasi dapat secepatnya kita kejar sesuai jadwal perhitungan yang ditetapkan oleh KPU,” ujarnya. (Fernando/hm22)

Related Articles

Latest Articles