20.5 C
New York
Friday, May 10, 2024

Ketua Komisi I Minta Aplikasi Mercy Disempurnakan

Medan, MISTAR.ID

Pemko Medan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) akan meluncurkan aplikasi Medan Smart City (Mercy). Menanggapi hal ini, Ketua Komisi I DPRD Medan, Robi Barus meminta Diskominfo untuk menyempurnakan Aplikasi Mercy sebelum dilaunching tepat pada Hari Ulang Tahun Kota Medan di tanggal 1 Juli 2024.

“Selama ini, aplikasi milik Pemko Medan rata-rata belum bisa dipergunakan secara maksimal. Artinya masih membutuhkan penyempurnaan saat sudah dilaunching. Untuk Aplikasi Mercy ini, kita harapkan dapat disempurnakan dari sekarang. Jadi ketika nanti sudah diluncurkan, aplikasi tersebut dapat dipergunakan secara maksimal oleh warga Kota Medan,” pungkasnya.

Ia menilai pentingnya transparansi dan kemudahan masyarakat Kota Medan dalam mengakses setiap fasilitas dan layanan yang disiapkan Pemerintah Kota (Pemko) Medan.

“Aplikasi Mercy tujuannya agar Pemko Medan melalui Diskominfo bisa melakukan penyempurnaan integrasi seluruh informasi mulai tahun 2024. Penyempurnaan sebagai langkah untuk menguatkan Kota Medan sebagai Smart City,” ujar Robi Barus, Senin (19/2/24).

Baca juga: Aplikasi Siduta Masih jadi Inovasi Unggulan Pemko Medan

Dikatakan Ketua Fraksi PDIP itu, Aplikasi Mercy diharapkan dapat sebagai fasilitas untuk memadukan berbagai layanan aplikasi yang telah disiapkan Pemko Medan melalui OPD lainnya.

“Sehingga, masyarakat bisa melihat bagaimana kinerja setiap OPD dalam melayani masyarakat. Intinya, kita mau aplikasi Mercy ini sebagai sarana untuk masyarakat Kota Medan mendapatkan pelayanan dari setiap OPD di Pemko Medan,” katanya.

Seperti diketahui, Dinas Kominfo Medan akan melakukan penguatan terhadap Aplikasi Mercy dan penyempurnaan integrasi seluruh informasi di tahun 2024 menuju Kota Medan sebagai smart city.

“Agar masyarakat tidak perlu lagi mengunduh semua aplikasi yang ada di tiap dinas atau perangkat daerah. Aplikasi Mercy jadi aplikasi yang sudah dapat mengakses semuanya,” kata Kadis Kominfo Medan, Arrahman Pane.

Baca juga: Aplikasi Jelajah Siantar Resmi Diluncurkan

Arrahman menjelaskan, meskipun belum dilaunching, aplikasi Mercy ini sudah ada di play store yang di dalamnya terdapat aplikasi Siduta, Sibisa dan Sipandu, serta layanan pengaduan.

“Aplikasi Mercy ini juga terkoneksi dengan Polda Sumut. Jika masyarakat mengalami gangguan keamanan bisa langsung mengklik dan melaporkan gangguan tersebut. Nantinya akan direspon langsung oleh Polda Sumut. Ini sudah kita uji coba”, kata Arrahman. (Rahmad/hm20)

Related Articles

Latest Articles