4.9 C
New York
Monday, April 22, 2024

Dinas Pertanian Sterilkan F1H2O Melalui Vaksinasi Rabies PHMS

Toba, MISTAR.ID

Dinas Pertanian Kabupaten Toba melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan melakukan sterilisasi untuk mendukung suksesnya perhelatan internasional PowerBoat F1H20 dengan vaksinasi Pencegahan Penyakit Hewan Menular Strategis (PHMS) di tiga kecamatan berbeda, Selasa (27/02/24).

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian Toba, Janriko Pasaribu mengatakan,  tiga kecamatan yang mendapat vaksinasi pada kesempatan kali ini yakni, Kecamatan Sigumpar, Laguboti dan Kecamatan Balige sebagai pusat digelarnya Event F1 PowerBoat Championship.

“Sasaran vaksinasi meliputi, anjing, kucing dan kera yang dinamakan Hewan Penular Rabies (HPR). Di mana jumlah petugas vaksinator untuk  tiga kecamatan tersebut ditugaskan sebanyak 12 orang,” ujar Janriko.

Disampaikannya bahwa sangat perlu diwaspadai adalah penularan yang sering diabaikan apabila luka pada tubuh seseorang mendapat jilatan dari hewan yang sudah terjangkit rabies. Air liur yang mengandung virus akan mencapai otak yang kemudian akan bereplikasi sehingga menyebabkan gejala penyakit yang mematikan.

“Ini sangat penting dicegah sebelum terlambat sehingga jangan sampai menelan korban. (Pencegahan) melalui penyuntikan vaksinasi rabies untuk anjing peliharaan sejak dini, karena lebih bagus mencegah daripada mengobati,” saran Janriko.

Baca juga: Waspada Rabies, Dishanpangtan Siantar Vaksinasi Puluhan Anjing

Ia pun meminta masyarakat yang memiliki anjing untuk memberikan daftar data kepemilikan melalui Petugas Kesehatan Hewan (Puskeswan) di setiap kecamatan agar didata oleh kepada Dinas Pertanian sehingga tahap penyuntikan dapat kondisikan.

“Setiap kepala keluarga yang memelihara anjing, harus memberikan data tertulis yang disampaikan kepada desa, kemudian petugas akan langsung ke rumah warga untuk melakukan penyuntikan. Dampaknya melalui data yang diberikan dinas akan selalu standby atau siap dengan ketersedian vaksin rabies,” pungkasnya.

Dinas Pertanian Toba menyakinkan, melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan kepada masyarakat khususnya wisatawan yang berkunjung menyaksikan F1 Powerboat Racing di Balige, dan kegiatan ini akan terus berkelanjutan untuk mendapatkan tanggapan positif bagi wisatawan karena Kabupaten Toba akan rutin menjadi tuan rumah perhelatan event internasional. (nimrot/hm17)

Related Articles

Latest Articles