13.5 C
New York
Monday, April 15, 2024

Waspada Rabies, Dishanpangtan Siantar Vaksinasi Puluhan Anjing

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dishanpangtan) Kota Pematangsiantar bersama pihak Kelurahan Tanjung Pinggir, menggelar vaksinasi rabies kepada puluhan anjing di Perumahan Bersatu Maju, Jalan Pdt J Wismar Saragih, Kecamatan Siantar Martoba.

Pelaksanaan vaksinasi dilakukan setelah Dishanpantan menerima infomasi masyarakat setempat tentang kasus gigitan anjing.

Kepala Dishanpangtan Kota Pematangsiantar, Pardamean Manurung mengatakan ada 8 orang terkena gigitan anjing atas laporan masyarakat yang masuk ke pihaknya. Peristiwa itu terjadi pada 18 Februari 2024 kemarin.

Baca juga: 4 Orang Bersaing untuk Jabatan Sekda Siantar, Ini Nama ASN yang Lulus Seleksi

“Setelah menggigit, pada hari itu juga anjing tersebut mati,” ucapnya, Rabu (21/2/2024).

Mean, sapaan akrabnya, mengimbau kepada masyarakat yang memelihara anjing agar mengandangkan atau mengurung dan menjaga kesehatan hewan peliharaannya masing-masing untuk mencegah terjadinya kasus gigitan serupa.

“Kita melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang tindakan awal. Jika terkena gigitan anjing secepatnya membersihkan dengan air mengalir dengan mencuci luka gigitan menggunakan sabun sebelum melaporkan ke Puskesmas terdekat,” pungkasnya. (Jonatan/hm22)

Related Articles

Latest Articles