26.9 C
New York
Tuesday, July 16, 2024

Bupati Instruksikan Penanganan Relokasi Pedagang dan Pembangunan Pasar Tarutung

Taput, MISTAR ID

Bupati Tapanuli Utara (Taput), Nikson Nababan melalui Asisten I, Bahal Simanjuntak melakukan rapat dengan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan anggota DPRD, pada Senin (9/4/24), membahas agar aktivitas di Pasar Tarutung segera efektif, pasca terjadinya kebakaran menyebabkan 224 balerong, 120 kios dan 300 undung-undung rusak.

Bahal bilang, Bupati telah menginstruksikan agar penanganan relokasi pedagang dan pembangunan pasar segera dan secepat mungkin dilaksanakan.

“Ini supaya para pedagang yang memiliki kios bisa segera kembali beraktifitas sedemikian rupa. Karena ini hari libur menyambut Idul Fitri, jadi semoga omset penjualan mereka agar bisa tercapai di tempat relokasi nanti,” ujarnya.

Baca juga:Akses Jalan ke Pasar Tarutung Jadi Hambatan Proses Pemadaman

Lanjutnya, melalui rapat itu pihaknya akan merangkum bagaimana teknik dan mekanisme merelokasi para pedagang yang terkena musibah, sebelum dilakukan pembangunan kembali pasar.

“Juga mendata kerugian yang dialami para pedagang, serta apa langkah Pemkab Taput, dan bagaimana tindakan agar aktivitas jual beli bisa efektif, maka perekonomian pulih kembali serta berjalan lancar,” ucap Bahal.

Disampaikan, berhubung kondisi libur panjang selama 1 Minggu, pihaknya mungkin mengalami kendala koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) dan pemerintah pusat.

Baca juga:Kebakaran Pasar Tarutung Turut Hanguskan Balairung, Undung-undung dan Ratusan Kios

“Namun kita akan secepatnya gerak cepat dan clear kan persoalan pembangunan kembali Pasar Tarutung dan merelokasi para pedagang ke tempat yang disepakati,” paparnya.

Turut hadir dalam rapat yang dilaksanakan di aula kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindagkop) itu, anggota DPRD Taput, yakni Frido Sinaga, Andrew Nababan, Ombun Simanjuntak dan Fatimah Hutabarat.

Sementara itu, Nikson saat dihubungi mistar.id mengatakan, Pemkab Taput nantinya akan melakukan pendataan akan berapa kerugian materil dari para pedagang, supaya diberikan bantuan tali asih bagi korban yang terkena dan terdampak musibah kebakaran Pasar Tarutung. (pembela/hm16)

Related Articles

Latest Articles