23.1 C
New York
Sunday, October 6, 2024

Tanjung Marulak Hilir Kota Tebing Tinggi Gelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan

Tebing Tinggi, MISTAR.ID

Kelurahan Tanjung Marulak Hilir Kota Tebing Tinggi menggelar sosialisasi wawasan kebangsaan di Aula Kantor Lurah Tanjung Marulak Hilir, Kamis (20/7/23).

Danramil 13 Kota Tebing Tinggi, Kapten Infanteri Yudi Chandra Gurning saat menjadi narasumber kegiatan sosialisasi wawasan kebangsaan ketentraman dan ketertiban masyarakat di Kantor Lurah Tanjung Marulak Hilir.

“Tetapi bapak ibu untuk anak-anak kita sekarang pelajaran itu sudah tidak ada lagi. Jadi untuk itu, kita jangan langsung berputus asa. Tetap semua materi-materi itu pada saat di rumah, karena pendidikan itu 30% di rumah, 30 % di sekolah, 40 % ini di masyarakat,” ujar Danramil 13.

Danramil 13 Kota Tebing Tinggi memaparkan satu per satu arti dan makna simbol yang ada di Burung Garuda serta setiap butir bunyi Pancasila di hadapan para undangan yang hadir.

Baca juga : Tumpukan Sampah Ranting Pohon Asam Resahkan Pejalan Kaki di Tebing Tinggi

Sebelumnya, Camat Rambutan, Marwan Syah Harahap menyampaikan pengertian wawasan kebangsaan adalah sebuah cara bangsa Indonesia mengenai diri dan tanah airnya.

Sebagai Negara yang mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam penyelenggaraan kehidupan berbangsa bernegara dan bermasyarakat.

“Konsep komponen wawasan kebangsaan merupakan komponen yang paling mendasar  bagi bangsa indonesia yang memberdayakannya dengan bangsa-bangsa lain didunia,” kata Marwan.

Menurut Marwan, tujuan dari wawasan kebangsaan adalah untuk membangun dan persatuan dan kesatuan wilayah indonesia.

Baca juga : Saat Rapat Paripurna Ranperda Pertanggungjawaban APBD, Pj Wali Kota Tebing Tinggi Sampaikan Penghargaan

“Jadi untuk membangun dan pengembangan persatuan kesatuan wilayah Indonesia,” ungkapnya.

Marwan memaparkan Indonesia terdiri dari beberapa pulau banyak baik dari Sabang sampai Merauke. Kenapa dalam kegiatan di tahun ini bekerjasama dengan penyelenggara untuk melakukan yang namanya pencegahan.

“Jadi wawasan kebangsaan tidak lari dari yang namanya Pancasila dan butir-butirnya,” tegas Marwan.

Terkait memasuki tahun politik 2024, Marwan menghimbau kepada perangkat kelurahan dan para hadirin untuk cek daftar pemilih tetap (DPT) melalui handphone android dengan membuka aplikasi cek dptonline.kpu.go.id. Ketikkan NIK, maka akan muncul nama pemilih dan Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Baca juga : Rakor Pengendalian Inflasi Daerah, IHK Kota Tebing Tinggi Mengikuti Pematang Siantar

“Karena yang menentukan masa depan negara, kita juga. Waktunya tidak lama cuma 5 menit. Masuk ke bilik suara, ibu coblos nggak sampai 5 menit ibu menentukan 5 tahun kedepan,” ujar Marwan.

Marwan menegaskan pelaksana Pilpres, Pilkada dan Pemilihan calon legislatif harus kondusif. “Saya enggak mau kedengaran di Kecamatan Rambutan ini, Karena ribut rusuh hasil dari pemungutan suara di TPS itu diulang,” tegasnya.

Dia menghimbau kepada warga yang mempunyai anak atau cucu, jangan berkeliaran lagi diatas pukul 22.00 Wib.

Baca juga : Patroli Presisi, 6 Unit Septor Terjaring Tim I Sprint Timsus Polres Tebing Tinggi

“Satpol PP berpatroli malam mereka mengecek ke warnet-warnet. Jika kedapatan akan dibawa ke kantor Satpol PP,” tegas Marwan.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan penyerahan penyerahan tas, baju, termos air, buku dan pulpen secara simbolis yang diberikan Camat Rambutan, Marwan Syah Harahap,

Danramil 13 Kota Tebing Tinggi, Kapten Infanteri Yudi Chandra Gurning dan Plt Kapolsek Rambutan AKP H Rustam Efendi,S, Sos., selaku narasumber di kegiatan tersebut. (nazli/hm18)

Related Articles

Latest Articles