25.7 C
New York
Saturday, September 21, 2024

Tak Bawa Surat Sehat, 7 Mobil Pengangkut Hewan Ternak Diputar Balik di Langkat

Medan, MISTAR.ID

Personel gabungan dari Polres Langkat, Polres Tamiang, TNI serta instansi terkait, memutar balik tujuh mobil yang mengangkut hewan ternak berupa sapi dan domba karena tidak melengkapi dokumen yang diperlukan.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan, mulai 16 Mei hingga 6 Juni 2022, tim gabungan yang ada di Posko Satgas Terpadu Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Besitang, Kabupaten Langkat telah memutar balik 7 kendaraan pengangkut hewan ternak.

“Kurang lebih tiga minggu, tim gabungan sudah memutar balik tujuh kendaraan. Empat kendaraan melintas dari Sumut menuju Aceh sedangkan tiga kendaraan lagi dari Aceh menuju Medan,” ucap dia.

Baca juga: Antisipasi Penyebaran PMK di Samosir, Pemkab Batasi Lalu Lintas Ternak

Hadi mengaku, ketujuh kendaraan ini dilarang melintas karena tidak melengkapi surat sehat hewan ternak yang dibawa sehingga petugas tak memiliki pilihan lain selain memutar balik kendaraan dimaksud.

Hal ini dilakukan, sambungnya, guna menghindari penyebaran PMK khususnya menjelang Hari Raya Idul Adha. Dikatakannya, pihaknya berupaya mencegah  agar PMK tidak menyebar ke hewan lainnya dan akan terus dilakukan hingga situasi membaik. (saut/hm09)

Related Articles

Latest Articles