10 C
New York
Friday, May 10, 2024

Tahanan Rutan Sidikalang Panen Raya Jagung

Sidikalang, MISTAR.ID

Panen raya jagung di lahan milik Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Sidikalang hasil karya para warga binaan atau tahanan di Desa Sitinjo Dua Panji Bako Kecamatan Sitinjo Kabupaten Dairi dilaksanakan langsung Bupati Dairi Edy Kelleng Ate Berutu bersama Kepala Rutan Kelas II B Sidikalang Jonson Manurung, Rabu (11/11/20).

Bupati Dairi Edy Kelleng Ate menyebut sangat mengapresiasi program Kepala Rutan Sidikalang membina para tahanan dengan pengembangan ketahanan pangan di lahan Lapas.

“Salut buat Pak Jonson Manurung. Para tahanan mampu berkarya untuk pengembangan bercocok tanam dan semoga ini menjadi motivasi bagi masyarakat Dairi untuk meningkatkan produksi pertanian dan jadi daulat pangan untuk pengembangan ekonomi seperti tanaman jagung, ” sebut Edy.

Baca juga: Puluhan Napi, Petugas Lapas dan Rutan di Sumut Terkonfirmasi Covid-19

Menanggapi hal tersebut Kepala Rutan Sidikalang Jonson Manurung menyebutkan, program pangan tersebut merupakan kerja sama pihak Lapas Sidikalang dengan Dinas Pertanian Dairi hingga hasil produksi tanaman jagung sesuai yang diharapkan.

“Kegiatan bercocok tanam dengan pemanfaatan lahan kosong milik lapas itu merupakan pembinaan kemandirian para tahanan dan mereka mampu berkreasi dan berinovasi lewat pembinaan kita secara khusus,” sebut Jonson.

Jonson Manurung juga mengatakan pihaknya mempunyai cara khusus untuk membina para tahanan untuk berkreasi dan berinovasi lewat lewat pertanian. “Ada cara khusus untuk mengikat para tahanan tetapi bukan mengikat kaki dan tangan para tahanan dengan borgol tapi mengikat hati para tahanan seraya mengajak untuk bertobat melalui siraman rohani sesuai agama masing-masing ” papar Jonson.

Panen raya tersebut, menurut Kepala Dinas Pertanian Dairi Efendi Berutu ditaksir mencapai 8 ton per hektar. Karenanya, pihaknya mengaku siap bekerja sama dengan pihak lapas dalam peningkatan program ketahanan pangan melalui pemanfaatan lahan pekarangan maupun lahan kosong ke depannya. Selain itu, dia juga menawarkan sejumlah program yang bisa mereka fasilitasi seperti pengembangan kolam ikan dari terpal dan lain-lainnnya

Pantauan di lapangan, Bupati Dairi Edy Kelleng Ate Berutu didampingi Karutan Kelas II B Sidikalang Jonson Manurung beserta Kepala Dinas Pertanian Efendi Berutu memberikan sertifikat keahlian bercocok tanam holtikultura terhadap 10 orang warga binaan.(manru/hm09)

Related Articles

Latest Articles