21.4 C
New York
Friday, May 3, 2024

Sumut Bertahan Zona Kuning Covid-19, BOR Turun Drastis

Medan, MISTAR.ID
Selama hampir sebulan, seluruh kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mempertahankan tren positif perkembangan penanganan Covid-19. Seluruh daerah atau 33 kabupaten/kota di Sumut bertahan di zona kuning atau risiko rendah penyebaran virus Covid-19.

Zonasi kuning penyebaran Covid-19 di Sumut tersebut, berdasarkan data yang disampaikan Satgas Penanganan Covid-19 melalui website resminya https://covid19.go.id/peta-risiko. Tercatat, sejak akhir bulan September hingga 24 Oktober, daerah Sumut konsisten berada di zona kuning. Namun demikian, hampir sebulan penuh itu juga, daerah di Sumut tidak ada yang masuk dalam zona hijau (tidak ada kasus).

Peta zonasi Covid-19 dihitung berdasarkan indikator-indikator kesehatan masyarakat dengan menggunakan skoring dan pembobotan. Indikator yang digunakan adalah epidemiologi, yaitu penurunan jumlah kasus positif, suspek dan sebagainya.

Baca juga:32 Kabupaten/Kota di Sumut Zona Kuning

Kemudian, indikator surveilans kesehatan masyarakat, seperti jumlah pemeriksaan sampel diagnosis meningkat selama 2 minggu terakhir. Selanjutnya, indikator pelayanan kesehatan, yakni jumlah tempat tidur di ruang isolasi rumah sakit rujukan mampu menampung sampai dengan lebih dari 20 persen jumlah pasien positif Covid-19 yang dirawat.

Sementara itu, tingkat keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) Covid-19 di rumah sakit kawasan Sumatera Utara (Sumut) turun drastis selama bulan Oktober 2021 (tanggal 1-26). Berdasarkan data Dinas Kesehatan Sumut, saat ini angka BOR Isolasi 1,82 persen dan BOR ICU 3,64 persen.

Baca juga:Medan Zona Oranye, Tujuh Daerah di Sumut Zona Hijau

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dr Nelly Fitriani menyebutkan, grafik penurunan angka BOR Covid-19 Sumut sangat signifikan. Bahkan, setiap hari grafiknya terus turun. “BOR Isolasi pada 1 Oktober di angka 6,13, selanjutnya terus turun hingga tanggal 26 Oktober tercatat 1,82 persen. Begitu juga BOR ICU, pada 1 Oktober di angka 11,78 persen. Kemudian turun hingga ke angka 3,64 persen,” sebut Nelly, Kamis (28/10/2021).

Nelly melanjutkan, penurunan grafik BOR Covid-19 juga terjadi di Kota Medan. Saat ini, angkanya terdata 2,76 persen untuk BOR Isolasi dan 5,63 persen BOR ICU. “Kalau Kota Medan, BOR Isolasi turun dari 8,05 persen menjadi 2,76 persen. Sedangkan BOR ICU turun dari 15,3 persen menjad 5,63 persen,” kata dia. (saut/hm06)

Related Articles

Latest Articles