17.6 C
New York
Tuesday, May 7, 2024

Siraja Lontung Minta Wartawan Menyuarakan Keluhan Warga di Media agar Terdengar oleh Pemerintah

Samosir, MISTAR

Ketua Siraja Lontung Indonesia periode 2023-2028, JMT Pandiangan (72) perantau asal Sabulan, Kecamatan Sitiotio, Kabupaten Samosir bersilaturahmi dengan beberapa Wartawan di Warung Kopi Synergy Pangururan, Selasa (3/1/23). Ia ditemani Jonggi Sinaga yang akrab dipanggil Joko yang juga perantau asal Samosir.

Disampaikan JMT Pandiangan, memiliki kesempatan bisa bersilaturahmi bersama wartawan adalah satu keuntungan, karena kalianlah pemilik informasi,” ucap JMT Pandiangan,.

JMT Pandiangan kepada Wartawan dalam silaturahmi itu mengatakan, khususnya peran serta Pers dalam pembangunan Kabupaten Samosir. “Sebagai anak perantau, kami berharap kalian tetap memberikan saran dan kritik demi pembangunan di kampung halaman kita Samosir ini”.

Baca juga:Bawaslu Simalungun Mulai Sosialisasikan Peran Media Massa Dalam Pelaksanaan Pemilu 2024

Dalam diskusi tersebut juga membahas tentang perkembangan pembangunan di Samosir. Ia membandingkan perkembangan beberapa kabupaten yang mekar dari Kabupaten Tapanuli Utara yakni Humbahas, Toba, dan Samosir. Namun menurutnya, Samosir masih tertinggal diantara ketiga kabupaten itu.

Bukan itu saja, JMT juga berharap agar wartawan di Samosir melakukan sosial kontrol untuk mendukung peningkatan pembangunan di bidang Pariwisata, khususnya pelayanan dari para pelaku wisata terhadap para pengunjung yang masih dinilai masih kurang. Itu diungkapkan karena Samosir sudah ditetapkan menjadi KSPN (kawasan strategis pariwisata nasional).

Sebagai perantau asal Kecamatan Sitiotio, JMT Pandianagan mengeluhkan minimnya pembangunan di kampung halamanya. Sehingga ia berharap agar para wartawan menyuarakan keluhan masyarakat dari daerah itu, supaya pemerintah memberikan perhatiannya.

Ia menyampaikan harapan agar sinergitas Pemkab Samosir dengan wartawan berjalan dengan baik, sebab kehadiran wartawan dalam demokrasi sangat dibutuhkan peran sertanya untuk membangun.

Baca juga:PT TPL Berbagi Ilmu dengan Jurnalis, Penguatan Media Online dan Trik Menaikan Pembaca

Dia pun menyarankan supaya wartawan yang ada di Samosir agar mengikuti ujian kompetensi. Kemudian ia juga menyarankan bagaimana supaya berita yang diterbitkan wartawan dapat diperhitungkan.

“Itulah mimpi wartawan, karena wartawan mendapatkan informasi dengan susah. Wartawan adalah pekerjaan yang penuh tantangan, kalian adalah orang orang yang tidak bisa disepelekan,” kata JMT.  (pangihutan/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles