20.6 C
New York
Friday, September 27, 2024

Simulasi Pengamanan Pilkada 2024, Kapolres: Pahami Situasi Genting di Palas

Palas, MISTAR.ID

Personel Polres Padanglawas (Palas) menggelar latihan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dalam rangka mempersiapkan personel dalam menghadapi konflik yang mungkin terjadi pada Pilkada Palas di halaman Mako Polres Palas, Kamis (19 /9/24).

Kapolres Padanglawas, AKBP Diari Astetika melalui Wakapolres Kompol Sugianto mengatakan latihan Sispamkota itu merupakan tahapan yang harus dilaksanakan oleh kepolisian dalam rangka operasi mantap praja pengamanan Pilkada.

Di kegiatan latihan tersebut personil melakukan simulasi penyelenggaraan Pilkada. Mulai dari pendistribusian logistik, pelaksanaan Pilkada dan pengamanan saat konflik yang mungkin terjadi saat hingga setelah Pilkada 2024.

Baca juga : Ketua KPU Diculik, Kapolres Siantar: Ini Simulasi Pengamanan Pilkada

“Ini untuk memberikan pemahaman kepada personil bagaimana penanganan unjuk rasa dan pengendalian massa karena semua ada aturannya. Jadi harus dipedomani bagaimana penggunaan kekuatan dalam tindakan kepolisian,” terang Kompol Sugianto.

Wakapolres mengingatkan simulasi itu sangat berbeda dengan kejadian di lapangan. Jadi dia mengingatkan kepada seluruh personel untuk memahami betul bagaimana dinamika di lapangan nanti.

“Kami ingin memastikan bahwa seluruh personel siap dan mampu bertindak cepat serta tepat dalam menghadapi situasi yang mungkin terjadi selama Pilkada,” katanya.

Baca juga : Amankan Pilkada, Polres Toba Antisipasi Kericuhan Terkecil di Lapangan

Ditambahkannya, latihan ini penting untuk mengasah kemampuan dan koordinasi antar unit dalam menjaga stabilitas keamanan.

Kasi Humas Polres Padanglawas, Iptu Arwansyah Batubara menambahkan pelaksanaan simulasi itu untuk lebih memantapkan kesiapan setiap personil dalam menghadapi berbagai potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) selama pelaksanaan Pilkada. (iskandar/hm18)

Related Articles

Latest Articles